HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA GURU HONORER DI YAYASAN SHINE AL-FALAH PONDOK PESANTREN PERKAMPUNGAN MINANGKABAU

Permata, Indah (2022) HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA GURU HONORER DI YAYASAN SHINE AL-FALAH PONDOK PESANTREN PERKAMPUNGAN MINANGKABAU. Skripsi thesis, Universitas UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Indah Permata_1715040161_Bab I - Indah Permata.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Indah Permata_1715040161_Bab II - Indah Permata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
Indah Permata_1715040161_Bab III - Indah Permata.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Indah Permata_1715040161_Bab IV - Indah Permata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
Indah Permata_1715040161_Bab V - Indah Permata.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Indah Permata_1715040161_FULLTEXT - Indah Permata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Indah Permata_1715040161_COVER DLL - Indah Permata.pdf

Download (710kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru-guru honorer yang memiliki keterikatan kerja menurun. Salah satu hal yang mempengaruhi keterikatan kerja adalah psychological capital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan psychological capital dengan keterikatan kerja pada guru honorer di Yayasan Shine Al-Falah Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 71 orang guru honorer. Teknik sampling yang digunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala psikologi dengan menggunakan skala model Likert. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur yaitu skala psychological capital menurut teori Luthans dan skala keterikatan kerja menurut Bakker & Leiter. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa psychological capital berada pada kategori rendah sebanyak 13 guru honorer (18,3%), kategori sedang sebanyak 42 guru honorer (59,2%), dan kategori tinggi sebanyak 16 guru honorer (22,5%). Sedangkan keterikatan kerja berada pada kategori rendah sebanyak 8 guru honorer (11,3%), kategori sedang sebanyak 50 guru honorer (70,4%), dan kategori tinggi sebanyak 13 guru honorer (18,3%). Hasil korelasi menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara psychological capital dengan keterikatan kerja guru honorer dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,423

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KINERJA GURU DAN EDUKASI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:36
Last Modified: 08 Sep 2022 02:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10597

Actions (login required)

View Item View Item