Tradisi Penyelengggaraan Ziarah Kubur Jiret Pada Masyarakat Petani (Studi Kasus Jorong Botung Busuk Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman)

Rahman, Abdur (2022) Tradisi Penyelengggaraan Ziarah Kubur Jiret Pada Masyarakat Petani (Studi Kasus Jorong Botung Busuk Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman). Skripsi thesis, Universitas UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Abdur Rahman_1715010036_BAB I - Abdur Rahman.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Abdur Rahman_1715010036_BAB II - Abdur Rahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
Abdur Rahman_1715010036_BAB III - Abdur Rahman.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Abdur Rahman_1715010036_BAB IV - Abdur Rahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
Abdur Rahman_1715010036_BAB V-Daftar Pustaka - Abdur Rahman.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Abdur Rahman_1715010036_Fulltext - Abdur Rahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Abdur Rahman_1715010036_Cover, dll - Abdur Rahman.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya ziarah kubur Jiret yang dilaksanakan dan terjadi di Jorong Botung Busuk Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman, dimana ziarah kubur Jiret yang dilaksanakan di Jorong Botung Busuk Nagari Muara Tais berbeda dengan ziarah sesuai ajaran Islam. Perbedaan yang terdapat yaitu ziarah yang dilakukan masyarakat harus menyembelih ternak sedikitnya satu ekor kambing, Sedangkan ziarah yang seharusnya dalam ajaran Islam tidak serumit itu, dan melakukan pembacaan do’a untuk Jiret berharap apa yang ditanam akan memberikan panen yang berlimpah, dan berjanji dengan seseorang yang sudah tidak ada dengan imbalan seekor kambing. Adapun Pertanyaan penulis adalah: Pertama. Bagaimana Prosesi Ziarah Kubur Jiret pada Masyarakat Petani Jorong Botung Busuk Nagari Muara Tais?. Kedua. Apa Makna Simbolik dari Prosesi Ziarah Kubur Jiret?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah tradisi penyelenggaraan ziarah kubur Jiret pada masyarakat petani Jorong Botung Busuk Nagari Muara Tais. Data dikumpulkan dari informan melalui teknik perekaman wawancara tradisi penyelenggaraan ziarah kubur Jiret, pencatatan, pengamatan, dan wawancara. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan beberapa tahap: (1) tahap identifikasi data; (2) tahap analisis data; (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi data dan (4) tahap pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Prosesi Ziarah Kubur Jiret pada Masyarakat Petani Jorong Botung Busuk Nagari Muara Tais; dan (2) Makna Simbolik dari Prosesi Ziarah Kubur Jiret pada Masyarakat Petani Jorong Botung Busuk Nagari Muara Tais. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa prosesi ziarah kubur Jiret pada masyarakat petani Jorong Botung Busuk Nagari Muara Tais terdiri atas (1) penentuan jadwal pelaksanaan ziarah kubur Jiret terdiri dari membuat agenda rapat, menentukan jumlah anggota rapat, Menyiapkan konsumsi rapat, membahas tujuan diadakannya rapat dan yang terakhir adalah kesimpulan rapat, (2) Pengumpulan iuran untuk tradisi ziarah kubur Jiret, (3) Berziarah ke kubur Jiret, (4) menyembelih kambing pada kuburan Jiret, (5) Melakukan doa pada kuburan Jiret, (6) acara memasak gulai, (7) Penutupan dengan Do’a bersama di dalam mesjid. Pada tradisi ziarah kubur Jiret terdapat pula makna simbolik yaitu diantaranya: (1) Kuburan Jiret yang dianggap sacral, (2) pelaksanaan ziarah yang dilakukan pada pagi hari, dan (3) penyembelihan kambing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TRADIS DAN BUDAYA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:58
Last Modified: 07 Sep 2022 08:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10595

Actions (login required)

View Item View Item