PRAKTEK MUZARA’AH PADA PADUOAN SAWAH BAGI PETANI PENGGARAP DI KELURAHAN IKUA KOTO DIBALAI KECAMATAN PAYAKUMBUH UTARA KOTA PAYAKUMBUH

Dony, Zulfa Rahma (2022) PRAKTEK MUZARA’AH PADA PADUOAN SAWAH BAGI PETANI PENGGARAP DI KELURAHAN IKUA KOTO DIBALAI KECAMATAN PAYAKUMBUH UTARA KOTA PAYAKUMBUH. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Zulfa Rahma Dony_1713030176_Cover,dll - Zulfa Rahma Dony.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1)
Zulfa Rahma Dony_1713030176_BAB I - Zulfa Rahma Dony.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
Zulfa Rahma Dony_1713030176_BAB II - Zulfa Rahma Dony.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
Zulfa Rahma Dony_1713030176_BAB III - Zulfa Rahma Dony.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
Zulfa Rahma Dony_1713030176_BAB IV - Zulfa Rahma Dony.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
Zulfa Rahma Dony_1713030176_BAB V, Daftar Pustaka - Zulfa Rahma Dony.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
Zulfa Rahma Dony_1713030176_Fulltext - Zulfa Rahma Dony.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebiasaan masyarakat yang kurang baik dalam pelaksanaan akad muzara’ah pada paduoan sawah di Kelurahan Ikua Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah praktek muzara’ah pada paduoan sawah bagi petani penggarap di Kelurahan Ikua Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Kemudian yang menjadi pertanyaan penelitian adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan akad muzara’ah dalam paduoan sawah di Kelurahan Ikua Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh (2) Bagaimana manfaat muzara’ah pada paduoan sawah dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Kelurahan Ikua Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh (3) Bagaimana tinjauan muzara’ah dalam paduoan sawah bagi petani penggarap di Kelurahan Ikua Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pihak yang terkait dengan berlandaskan buku fiqh muamalah dan buku-buku lainnya. Kemudian data yag diperoleh di analisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Setelah penulis menganalisis data dengan mengacu kepada rumusan dan pertanyaaan penelitian, maka disimpulkan bahwa, (1) Pelaksanaan akad muzara’ah pada paduoan sawah yang terjadi di Kelurahan Ikua Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh, yaitu dengan cara petani penggarap meminta izin kepada pemilik lahan untuk diizinkan ia menggarap lahan tersebut dan ada juga pemilik lahan yang menawarkan kepada petani penggarap agar petani penggarap tersebut mengolah lahannya. Bagian yang didapatkan oleh petani penggarap dan pemilik lahan dalam setiap akad berbeda-beda, ada yang lebih besar untuk pemilik lahan dan ada juga yang lebih besar untuk petani penggarap sesuai dengan kesepakatan diawal akad. Akad dilakukan oleh pemilik lahan dan petani penggarap hanya melalui lisan. (2) Manfaat muzara’ah dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Kelurahan Ikua Koto Dibalai sudah tercapai. (3) Tinjauan akad muzara’ah pada paduoan sawah di Kelurahan Ikua Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh mengacu kepada salah satu syarat akad muzara’ah, yaitu ketidak jelasan jangka waktu pelaksanaan akad maka pelaksanaan akad muzara’ah pada paduoan sawah ini didasarkan kepada adat kebiasaan masyarakat setempat atau ‘urf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 24 May 2023 08:55
Last Modified: 24 May 2023 08:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10587

Actions (login required)

View Item View Item