Model Pendidikan Anak Berbasis Islam dalam Keluarga Salimah Kota Padang

Weti, Susanti (2022) Model Pendidikan Anak Berbasis Islam dalam Keluarga Salimah Kota Padang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Weti Susanti_NIM1920090025_Cover dkk - weti susanti.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Weti Susanti_NIM1920090025_BAB I - weti susanti.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text
Weti Susanti_NIM1920090025_BAB III - weti susanti.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text
Weti Susanti_NIM1920090025_BAB V DAN PUSTAKA - weti susanti.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text
Weti Susanti_NIM1920090025_Fulltext - weti susanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Weti Susanti, NIM. 1920090025, Model Pendidikan Anak Berbasis Islam dalam Keluarga Salimah Kota Padang. Disertasi: Konsentrasi Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2022. Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bertanggungjawab penuh atas keberhasilan pendidikan anak di lingkungan keluarga. Sebab, selain aset orang tua yang sangat berharga, anak adalah amanah Allah SWT yang harus dibimbing, dibina, diarahkan dan dijaga agar selamat dan memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Praktik pendidikan anak berbasis Islam dalam keluarga tampak begitu nyata di kalangan keluarga Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kota Padang, meskipun dalam beberapa hal masih ada yang harus disempurnakan. Hal ini menjadi sebuah motivasi bagi penulis untuk mendesain model pendidikan anak berbasis Islam dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: pelaksanaan dan model pendidikan anak berbasis Islam dalam keluarga Salimah Kota Padang. Penelitian ini bercorak lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dan didukung dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini meliputi orang tua Salimah Kota Padang yang dipilih berdasarkan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tiga langkah, yaitu: display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil kajian ini menunjukkan: 1) Pelaksanaan pendidikan anak berbasis Islam di lingkungan keluarga Salimah Kota Padang dapat dideskripsikan bahwa tujuan pendidikan anak berbasis Islam dalam keluarga Salimah adalah agar anak menjadi orang beriman dan bertakwa yang senantiasa taat mengerjakan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya, memiliki akhlakul karimah serta memiliki kemampuan memfilter dampak negatif dari perkembangan Iptek dan globalisasi. Materi pendidikan anak berbasis Islam dalam keluarga meliputi aspek akidah, ibadah serta akhlak. Materi akidah lebih kepada mengenalkan Allah SWT beserta sifat-sifat-Nya. Materi ibadah mencakup tentang shalat, membaca al￾Quran, doa sehari-hari, dan kalimat-kalimat thayyibah. Materi akhlak seperti: bersyukur, berbakti kepada orang tua, hormat kepada guru, jujur, amanah, sopan santun, ramah, lemah lembut, kasih sayang, bertanggungjawab. Proses pendidikan anak dalam keluarga Salimah sudah dimulai sejak pranikah yaitu saat memilih calon pasangan hidup, pada saat kehamilan, pada masa bayi, dan pada masa anak￾anak dan remaja. Proses pendidikan anak juga didukung dengan metode, media dan teknik evaluasi. Interaksi dalam keluarga Salimah dibangun berlandaskan prinsip-prinsip seperti: menempatkan keluarga dalam satu sistem, melihat anak sebagai orang dewasa yang masih kecil, dan delapan fungsi keluarga dalam Undang-Undang. Sebagai pendidik pertama dan utama, orang tua Salimah sudah melakukan peran, tugas dan tanggungjawabnya terhadap anak. Adapun peran nenek/kakek dan pembantu hanya sebatas menguatkan pendidikan dari orang tua terhadap anak; 2) Model pendidikan anak berbasis Islam dalam keluarga ini v dilengkapi dengan komponen kurikulum, metode pembelajaran, buku teks serta interaksi anak dengan ibu dan para gurunya. Kurikulum memuat aspek akidah, ibadah dan akhlak. Metode yang paling pokok adalah metode pembiasaan, keteladanan, nasihat serta targhib dan tarhib. Referensi dalam penyusunan model ini bersumber dari buku-buku pendidikan Islam dalam keluarga, buku-buku tentang parenting dalam Islam. Interaksi anak dengan ibu dan para guru di sekolah direalisasikan dalam bentuk sikap hormat dan patuh terhadap ibu dan juga guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Psicology Teology Religion > BL Religion > Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 03 Sep 2022 17:40
Last Modified: 03 Sep 2022 17:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10575

Actions (login required)

View Item View Item