Tinjauan Siyasah Dusturiyah Terhadap Netralitas Aparatur Sipil Negara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Studi Kasus di Kota Padang Panjang)

Rahmaina, Suci (2022) Tinjauan Siyasah Dusturiyah Terhadap Netralitas Aparatur Sipil Negara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Studi Kasus di Kota Padang Panjang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Suci Rahmaina_1713040005_Cover - Suci Rahmaina.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text (Bab 1)
Suci Rahmaina_1713040005_BAB 1 - Suci Rahmaina.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text (Bab III)
Suci Rahmaina_1713040005_BAB III - Suci Rahmaina.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text (Bab V)
Suci Rahmaina_1713040005_BAB V, DAFTAR PUSTAKA - Suci Rahmaina.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (Fulltext)
Suci Rahmaina-171304005 full text - Suci Rahmaina(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada tahun 2018 Bawaslu Sumatera Barat menginformasikan ada 9 ASN yang tidal netral dalam pemilihan kepala daerah, diantaranya 2 orang dari Kota Padang Panjang. Sebagaimana diketahui bahwa netralitas ASN disebutkan di dalam pasal 2 huruf (f) Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN bahwa asas penyelenggraan manageman ASN adalah asas netralitas. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah pertama, bentuk-bentuk pelanggaran netralitas ASN dalam pilkada di Kota Padang Panjang. Kedua, alasan ketidaknetralan ASN dalam pilkada di Kota Padang Panjang. Ketiga, bagaimana tinjauan siyasah dusturiyah terhadap netralitas ASN dalam pilkada di Kota Padang Panjang. penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis atau empiris dengan pengumpulan data lapangan (field research). field research yaitu penelitian yang dilakukan dengan langsung ke lapangan, digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi secara intensif, disertai dengan analisis semua data yang dikumpulkan untuk mendapatkan data yang kongkrit. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Pertama terbukti terdapat 3 orang ASN yang melakukan pelanggaran netralitas ASN dalam pemilihan kepala daerah di kota Padang Panjang. ikut pergi mengantarkan pasangan calon pertahanan untuk mendaftar di komisi pemilihan umum (KPU) Kota Padang Panjang. oknum ASN tersebut ikut memposting di sosial media dengan memberikan dukungan terhadap pasangan calon Wakil Walikota Padang Panjang, dan oknum ASN tersebut ikut membantu tim sukses dari salah satu pasangan calon Wakil Gubernur Sumatera Barat. Kedua alasan ketidaknetralitas ASN pada pelaksanaan pilkada di Kota Padang Panjang yaitu, karena keinginan untuk naik pangkat, karena adanya unsur kerabat atau kelompok tertentu, dan ingin mendapatkan keuntungan pribadi, Ketiga tinjauan siyasah dusturiyah terhadap netralitas ASN dalam pemilihan kepala daerah di Kota Padang Panjang rakyat mempunyai hak dan kewajiban, hak rakyat diantaranya mendapatkan perlindungan, kebebasan menyatakan pendapat dan keyakinan, dan kewajiban dari rakyat adalah menaati pemimpin, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran surah an-Nisa ayat 59. Dan berlaku adil dalam hal sebagimana disebutkan bahwa penyelenggaraan manajemen ASN adalah asas netralitas, netralitas merupakan sikap tidak memihak atau bebas, netralitas disebut juga dengan adil. Mengenai keadilan disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah Ayat 8

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Maizi Latifa Tifa
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:39
Last Modified: 29 Jan 2024 03:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10565

Actions (login required)

View Item View Item