Harahap, Misro Hanna (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SAAT PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA SISWA SMA NEGERI 2 KAPUR IX KABUPATEN 50 KOTA. Skripsi thesis, Universitas UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Misro Hanna Harahap_1615040022_Bab 1 - Misrohanna Harahap.pdf Download (525kB) |
|
Text
Misro Hanna Harahap _1615040022_Bab II - Misrohanna Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
|
Text
Misro Hanna Harahap _1615040022_ Bab III - Misrohanna Harahap.pdf Download (402kB) |
|
Text
Misro Hanna Harahap_1615040022_ Bab iv - Misrohanna Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
|
Text
Misro Hanna Harahap_1615040022_v - Misrohanna Harahap.pdf Download (222kB) |
|
Text
MISRO HANNA HARAHAP_1615040022 FULL TEXT - Misrohanna Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitan ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang terjadi pada siswa SMA N 2 Kapur IX. Siswa yang awalnya semangat dalam mengikuti pembelajaran, dan menikmati proses pembelajaran setelah adanya pandemi covid-19 segala bentuk pembelajaran berubah dari biasanya. Siswa mengalami kendala seperti tugas yang menumpuk selama pembelajaran daring yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Hal ini dipengaruhi oleh minat belajar pada diri siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar saat pembelajaran daring pada siswa kelas X dan XI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu teknik regression analysis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan yaitu skala minat belajar daring sebanyak 33 aitem. Teknik penarikan sampel menggunakan Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar dan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Kapur IX dan sampel dalam penelitian ini kelas X dan XI 50 Kota dengan sampel 141 siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linear dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 20,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar saat pembelajaran daring pada siswa SMA N 2 Kapur IX. Hal ini terbukti dari nilai hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar saat pembelajaran daring pada siswa SMA N 2 Kapur IX Kelas X dan XI, dengan singnifikan analisis persamaan regresi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,01. Perolehan rata-rata persentase tingkat minat belajar saat pembelajaran daring 64,1% dan rata-rata persentase hasil belajar siswa sebesar 63,1% kedua variabel tersebut memiliki kategori tingi. Adanya pengaruh antara minat dan hasil belajar, Pengujian hipotesis mendapati adanya pengaruh antara minat belajar dan hasil belajar. Besarnya pengaruh yaitu 62,762%. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu dukungan keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BELAJAR SAAT PEMBELAJARAN DARING (ONLINE |
Subjects: | Psicology Teology Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Armen Arfat Pustakawan |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 07:11 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 07:11 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10561 |
Actions (login required)
View Item |