HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED SOCIAL SUPPORT DENGAN SELF CONSTRUAL PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PROVINSI RIAU

Herdana, Herdana (2022) HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED SOCIAL SUPPORT DENGAN SELF CONSTRUAL PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER)
A-COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (688kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Z-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul   Perceived Social Support dengan Self Construal Pada Pasien Skizofrenia Di Rumah Sakit Jiwa Tampan  yang disusun oleh Herdana, NIM 1715040107, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang. Suatu pengalaman yang diterima oleh individu dengan adanya orang lain yang mencintai dan menghargai dirinya, serta adanya rasa kasih sayang dan saling berbagi dukungan dengan kelompok akan mempengaruhi bagaimana cara individu itu bertindak maupun berperilaku. Pengalaman yang diterima oleh individu dengan baik akan membentuk pemahaman tentang diri sehingga dapat mengenal siapa dirinya dan orang lain dalam lingkungan secara baik. Dalam hal ini dengan adanya dukungan dari keluarga, masyarakat, kerabat, sahabat maupun instansi yang merawat dan membantu seorang pasien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau akan dapat memberikan kepulihan bagi pasien tersebut.Sehingga pasien skizofrenia dapat kembali pulang dengan keluarganya dan berinteraksi dengan lingkungan.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui adakah hubungan antara Perceived Social Support dengan Self Construal pada pasien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan alat pengambilan data menggunakan skala likertempat alternatif jawaban yang berupa angket.Skala psikologi ialah alat ukur yang mengukur aspek psikologi. Populasi dan sampel dalam penelitian berjumlah 35 orang dengan menggunakan sebuah teknik total sampling. Teknik analisis datanya menggunakan korelasi Product Moment. Berdasarkan kategorisasi data maka dapat dilihat tingkat perceived social support dan self construal pada pasien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau berada dalam kategori sedang. Hal ini berarti bahwa bimbingan, kerabat yang memberikan bantuan, adanya pengakuan dari orang lain, kelekatan emosional dengan orang lain, ketertarikan dengan kelompok serta adanya orang lain yang mengandalkan dirinya berada dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa perceived social support memiliki hubungan positif dan signifikan dengan self construal pada pasien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Maka hal ini berarti apabila perceived social support meningkat maka self construal juga akan meningkat, dan begitupun sebaliknya. Kata kunci: Pasien skizofrenia,Perceived social support, Self construal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Psicology Teology Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Zulfitri
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:06
Last Modified: 19 Aug 2022 05:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10499

Actions (login required)

View Item View Item