PERSEPSI PAMONG TENTANG KEMAMPUAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PPL PRODI TADRIS IPS KONSENTRASI SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH KOTA PARIAMAN

Rika Yusup, Rika (2019) PERSEPSI PAMONG TENTANG KEMAMPUAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PPL PRODI TADRIS IPS KONSENTRASI SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text
bab II ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV perbaikan siap munaqasah 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text
gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Persepsi Pamong Tentang Kemampuan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PPL Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah diMAN Kota Pariaman”, Oleh Rika Yusup, BP 1414090278, Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Tahun 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi pada observasi awal sebelum penelitian banyak terlihat kekurangan mahasiswa PPL terutama mengenai kompetensi pedagogiknya saat melaksanakan proses pembelajaran, jika dilihat dari nilai yang didapatkan oleh mahasiswa PPL cukup baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana persepsi pamong tentang kemampuan kompetensi pedagogik mahasiswa PPL Prodi Tadris IPS konsentrasi Sejarah di MAN Kota Pariaman. Batasan masalah penelitian ini persepsi pamong tentang kompetensi pedagogik mahasiswa PPL Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah di MAN Kota Pariaman, hambatan dan dukungan yang dihadapi guru pamong saat membina mahasiswa PPL di MAN Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi pamong tentang kompetensi pedagogik mahasiswa PPL di MAN Kota Pariaman, dan mengetahui apa-apa saja hambatan dan dukungan guru pamong saat membina mahasiswa PPL di MAN Kota Pariaman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat penelitian lapangan. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif, tempat penelitian berada di MAN Kota Pariaman. Sumber data adalah guru pamong mata pelajaran sejarah, peserta didik dan Mahasiswa PPL.Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi,wawancaradan studi dokumentasi. Teknik analisa data adalah reduksi data, peyajian data, merumuskan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa , pertama persepsi pamong tentang kompetensi pedagogik mahasiswa PPL yaitu tentang, a. pemahaman wawasan sudah ada begitu juga dengan landasan kependidikan mahasiswa PPL, tetapi cara penerapan belum sepenunya diterapkan, b. Pemahaman mahasiswa PPL terhadap perserta didik sudah ada tetapi juga sering mengabaikan pendapat perserta didik, c. Mahasiswa PPL kurang paham dalam mengembangkan kurikulum dan silabus, d. Perancangan pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran tetapi terkadang didalam proses pembelajaran tidak sesuai dengan RPP yang telah dibuat, e. Mahasiswa PPL dalam perancangan pembelajaran yang mendidik dan ediologis sudah bisa memberikan pembelajaran yang mendidik baik didalam kelas maupun diluar kelas, f. Mahasiswa PPL sudah bisa memanfaatkan teknologi yang telah disediahkan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran, g. Mahasiswa PPL telah melakukan evaluasi pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dilaksanakan, kedua hambatan dan dukungan yang dihadapi guru pamong saat membina mahasiswa PPL, yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran dan kurangnya dukungan yang didapatkandari pamong dalam menghadapi kesulitan saat melakukan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:38
Last Modified: 18 Aug 2022 08:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item