DINAMIKA PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH CANDUANG KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM (1971-2018)

Nur Ilham, Nur (2019) DINAMIKA PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH CANDUANG KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM (1971-2018). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text
bab I.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
Gabungan 1414090686 Nur Ilham Tadris IPS Sejarah-FTK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Dinamika Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang Kecamatan Canduang Kabupaten Agam (1971-2018)” yang ditulis oleh Nur Ilham, NIM. 1414090686, Jurusan Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Dinamika Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang yang didirikan oleh Syeikh Sulaiman Arrasuli di Pakan Kamis, Canduang, berawal dari Surau Baru kemudian dikembangkan oleh Syeikh Sulaiman Arrasuli dengan mengubah pola pendidikan dari halaqah menjadi klasikal. Dinamika Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang terlihat pada tahun 1971-2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dinamika Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam, berdasarkan perode kepemimpinan dari tahun 19712018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari beberapa langkah yaitu: pertama heuristik yaitu penulis berusaha mengumpulkan data, baik itu data primer maupun data sekunder, kedua kritik sumber yaitu pengkritikan data dari segi interen maupun eksteren. Ketiga interpretasi yaitu memberikan penafsiran terhadap sumber atau fakta yang telah ditemukan, kemudian yang keempat yaitu melakukan penulisan atau historiografi dengan menggunakan data dan fakta yang telah diperoleh. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Pada masa kepemimpinan Buya H. Syahruddin Arrasuli (1971-2005) MTI Canduang mengalami perkembangan yang naik turun mulai dari pembangunan sarana dan prasarana dan jumlah peserta didik yang signifikan hingga penurunan jumlah peserta didik. Pada masa Buya H. Muhammad Noer Arrasuli (2005-2007) masa kepemimpinan beliau cukup singkat, dikarenakan usia beliau telah uzur, perkembangan MTI Canduang tidak mengalami kemajuaan yang signifikan. Pada masa kepemimpinan Buya H. Badra Syahruddin Arrasuli, perkembangan MTI Canduang masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya karena masa kepemimpinan beliau yang singkat lebih kurang satu tahun. Pada masa kepemimpinan Buya H. Amhar Zein Arrasuli (2007-2017) mengalami kemajuaan dalam bidang sarana dan prasarana pendukung madrasah dan yang terakhir kepemimpinan kembali dijabat oleh Buya H. Badra Syahruddin Arrasuli (2017 sekarang) jumlah peserta didik mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:20
Last Modified: 18 Aug 2022 08:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item