AKSES DAN PENELUSURAN SUMBER INFORMASI BERBAHASA ARAB BAGI CIVITAS AKADEMIKA DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Rahmi, Lailatur (2022) AKSES DAN PENELUSURAN SUMBER INFORMASI BERBAHASA ARAB BAGI CIVITAS AKADEMIKA DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI. Jurnal Maktabahtuna, 4 (1). pp. 120-134. ISSN Print 2723-0163 print elektronik 2723-0171

[img] Text
artikel rahmi.pdf

Download (642kB)
Official URL: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/makt...

Abstract

Sumber Informasi digital menjadi lebih populer dari pada sumber daya cetak karena portabilitas, fleksibilitas, dan ketersediaan instan sumber informasi tersebut. Perubahan paradigma ini membuat perpustakaan juga menghabiskan sejumlah besar anggaran mereka untuk sumber daya dan layanan informasi digital. Artikel ini membahas konsep sumber informasi bahasa Arab yang menjelaskan bahwa “Sumber informasi bahasa Arab adalah dokumen dan sumber daya non-buku lainnya dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka dengan latar belakang keilmuwan bahasa Arab. Sumber informasi bahasa Arab digital digambarkan melalui beberapa situs yang diakses melalui komputer dan teknologi Internet. Disimpulkan bahwa civitas akademika pada perguruan tinggi dapat memperoleh informasi yang berkualitas dari layanan Internet dan database khususnya rujukan berbahasa arab. Direkomendasikan bahwa perpustakaan perguruan tinggi harus mengambil peran utama untuk menciptakan lebih banyak kesadaran di kalangan Akademisi tentang penggunaan database online yang tersedia bagi mereka dengan mengadakan program pelatihan penelusuran, workshop, seminar, dan konferensi untuk menambah tingkat pengaksesan dan pemanfaatan sumber daya serta layanan informasi bahasa Arab digital.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-resources, Sumber Informasi Bahasa Arab, Database Bahasa Arab Online, perpustakaan Universitas, Akademisi.
Subjects: U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rusdin Zebua Pustakawan
Date Deposited: 12 Aug 2022 08:14
Last Modified: 12 Aug 2022 08:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item