SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI MASJID RAYA NURUL ULUM NAGARI BARUNG-BARUNG BALANTAI PESISIR SELATAN (1983-2018)

Anita Putri, Anita (2019) SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI MASJID RAYA NURUL ULUM NAGARI BARUNG-BARUNG BALANTAI PESISIR SELATAN (1983-2018). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing, abstrak Anita Putri.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text
BAB II ANITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III ANITA.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV ANITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text
BAB V ANITA.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text
Gabungan 141409083. Anita Putri. T.IPS Sejarah.FTK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I ANITA.pdf - Published Version

Download (593kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul : “Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam di Masjid Raya Nurul Ulum Nagari Barung-Barung Balantai Pesisir Selatan (1983-2018)”. Disusun oleh Anita Putri, NIM 1414090683. Mahasiswa Jurusan Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah UIN Imam Bonjol Padang tahun 2018. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap Masjid Raya Nurul Ulum yaitu Masjid yang pertama didirikan di Nagari BarungBarung Balantai yang didirikan pada tahun 1972 yang terletak di Nagari Barung barung Balantai Pesisir Selatan dan di Masjid ini pula pertama kali pendidikan islam di ajarkan Masjid ini sangat berperan penting dalam mengembangkan Pendidikan Islam di Nagari Barung –Barung Balantai. Khususnya dalam mengajarkan ilmu agama dibidang ilmu baca Al-Qur’an. Maka untuk mendapatkan Informasi ini perlu dilakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum Nagari Barung-Barung Balantai, sejarah singkat berdirinya Masjid Raya Nurul Ulum Barung-Barung Balantai, serta Peranan Masjid Raya Nurul Ulum dalam mengembangkan Pendidikan Islam Nagari Barung-barung Balantai Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Heuristik, yaitu mengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, (2) melakukan kritik sumber terhadap sumber-sumber yang diperoleh di lapangan, (3) Interpretasi data dan (4) Historiografi yaitu menuliskannya dalam bentuk karangan ilmiah. Dari penelitian itu diperoleh kesimpulan bahwa Masjid Raya Nurul Ulum didirikan pada tahun 1972 secara bergotong royong oleh masyarakat BarungBarung Balantai yang dilakukan secara berangsur-angsur, sedangkan peranan Masjid Raya Nurul Ulum dalam mengembangkan Pendidikan Islam dibagi kedalam tiga periode yaitu periode 1983-1989 Masjid Raya Nurul Ulum dipimpin oleh H. Basyarudin Datuak Rajo Manggih, pada masa ini Pendidikan Islam di Masjid Raya Nurul Ulum masih bersifat sangat tradisional. Pada periode H. Kadir Usman S.H tahun 1989-1999 Pendidikan Islam di Masjid Raya Nurul Ulum sudah mulai tersruktur atau sudah menuju ke arah modern walaupun belum bisa dikatakan sempurna, selanjutnya Pendidikan Islam di Masjid Raya Nurul Ulum mencapai puncaknya pada periode Drs. H. Arzen. E. ST yaitu tahun 1999-2018. Pada masa kepengurusan Drs. H. Arzen E. ST ada dua peranan Masjid Raya Nurul Ulum yaitu berdirinya Majlis Taklim Masjid Raya Nurul Ulum dan berdirinya Rumah Qur’an Nurul Ulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:18
Last Modified: 11 Aug 2022 07:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10464

Actions (login required)

View Item View Item