POLA PEMBINAAN PENDIDIKAN BERASRAMA DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PINAGAR KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 1990-2017

Murni, Amelia (2019) POLA PEMBINAAN PENDIDIKAN BERASRAMA DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PINAGAR KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 1990-2017. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing, abstrak Amelia Murni.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
2019 BAB I.pdf - Published Version

Download (575kB)
[img] Text
2019 BAB II - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
2019 BAB III.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text
2019 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
2019 BAB V.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text
2019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text
Gabungan 1414090831 Amelia Murni. T.IPS Sejarah FTK .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya lembaga pendidikan Agama di Jorong Pinagar yang berbentuk Pondok Pesantren, yang bernama Pondok Pesantren Darussalam, pondok pesantren ini masih eksis atau berkembang walaupun di daerah ini sudah banyak terdapat sekolah-sekolah umum dan lembaga pendidikan agama seperti SMP, SMK, dan MTs, untuk selanjutnya perlu diketahui perkembangan pola pembinaan pendidikan berasrama di Pondok Pesantren Darussalam Pinagar tahun 1990-2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari beberapa langkah yaitu: pertama heuristik yaitu penulis berusaha mengumpulkan data, baik itu data primer maupun data sekunder, kedua kritik sumber yaitu pengkritikan data dari segi intern maupun ekstern. Ketiga interpretasi yaitu memberikan penafsiran terhadap sumber atau fakta yang telah ditemukan, kemudian yang keempat yaitu melakukan penulisan atau historiografi dengan menggunakan data dan fakta yang telah diperoleh. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Pondok Pesantren Darussalam ini didirikan oleh H. Munir pada tahun 1990. Berdirinya pondok pesantren ini di awali atas keinginan masyarakat Jorong Pinagar dan adanya keinginan tokoh pendiri sehingga didirikan Pondok Pesantren Darussalam ini. Pondok Pesantren Darussalam memiliki dua satuan pendidikan yaitu Tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Perkembangan pola pembinaan pendidikan berasrama, ada dua yaitu, pertama: perkembangan pembinaan sebagian santri tinggal di asrama dari tahun 1990-2008. Pembinaan yang dilakukan berupa kegiatan harian dan mingguan serta pembelajaran secara klasikal. Kegiatan harian yang dibina adalah segala kegiatan dimulai dari bangun tidur sampai tidur lagi pada malam harinya. Sedangkan kegiatan mingguan adalah penyelenggaraan jenazah, tabliq, dan pelatihan khotbah. Metode yang digunakan lebih dominan penggunaan metode sorogan.kedua: pembinaan seluruh santri tinggal di asrama dari tahun 2009-2017. Pembinaan yang dilakukan berupa kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, dan kegiatan tahunan. Untuk kegiatan harian ditambah dengan pembelajaran kitab standar dan tahfiz, dan kegiatan mingguan ditambah dengan muhadarah. Untuk kegiatan bulanan dan tahunan beru diadakan sejak seluruh santri diasramakan. Metode yang digunakan adalah metode bendongan, sorogan dan metode lainnya yang bervariasi. Serta faktor pendukung dan penghambat pola pembinaan pendidikan berasrama di Pondok Pesantreen Darussalam Pinagar. Terdapat dua faktor pendukung yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah jumlah dana atau pendanaan yang minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:07
Last Modified: 26 Aug 2022 02:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item View Item