PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING BERBANTU LABORATORIUM VIRTUAL PhET SIMULATION PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MAN 2 PADANG

Rika Oktaviawarni, Rka (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING BERBANTU LABORATORIUM VIRTUAL PhET SIMULATION PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MAN 2 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover,persetujuan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rika Oktaviawarni. 1414080519. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Berbantu Laboratorium Virtual PhET Simulation pada Pembelajaran Fisika di Kelas XI MAN 2 Padang. Skripsi. Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2019. Permasalahan dari penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep fisika yang abstrak dan sulit dipraktikumkan serta kurangnya pendidik memberikan proses sains melalui aktivitas eksperimen atau percobaan di laboratorium. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan belum sepenuhnya menerapkan model inovatif, khususnya model pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran. Pendidik fisika di sekolah lebih sering membahas teori dan rumus-rumusnya dari buku pegangan yang digunakan, kemudian memberikan contoh soal dari buku tersebut. Usaha untuk mengatasi permasalahan ini penulis mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran berbasis problem solving berbantu laboratorium virtual PhET simulation pada pembelajaran fisika di kelas XI MAN 2 Padang. Penelitian bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem solving berbantu PhET simulation pada pembelajaran fisika materi fluida statis dan fluida dinamis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di MAN 2 Padang. Kelayakan perangkat pembelajaran problem solving berbantu laboratorium virtual PhET simulation ditinjau dari aspek valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4-D mulai dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Uji validitas perangkat pembelajaran dilihat dari segi kelayakan isi, media dan bahasa oleh lima orang ahli. Uji praktikalitas dilihat dari kemudahan dalam menggunakan perangkat pembelajaran oleh dua pendidik fisika dan 20 peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Padang. Uji efektivitas perangkat pembelajaran dengan melihat minat peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Padang. Instrumen yang digunakan dalam uji validitas, praktikalitas dan efektivitas menggunakan angket dengan skala Likert dan dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis problem solving berbantu laboratorium virtual PhET simulation yang diterapkan di kelas XI MAN 2 Padang telah valid, praktis dan efektif dengan sangat valid (88,51%) , kriteria sangat praktis (86,10%) dan kriteria sangat efektif (83,08%) dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Kata Kunci: Simulation PhET, Problem Solving, Minat belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:29
Last Modified: 10 Aug 2022 07:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10454

Actions (login required)

View Item View Item