PENGEMBANGAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII DI MTsN 5 PADANG

Putri Mayang Sari, Mayang (2019) PENGEMBANGAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII DI MTsN 5 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2.COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
BAB I MAYANG.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text
BAB II MAYANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB III MAYANG.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV MAYANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V MAYANG.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text
3. DAFTAR PUSTAKA MAYANG.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Putri Mayang Sari. 1414080422. Pengembangan Media Sparkol Videoscribe dalam Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Pembelajaran IPA Kelas VIII di MTsN. Skripsi: JurusanTadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2019, 100 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik. Pendidik masih jarang menggunakan media berupa vidio dengan animasi ataupun menampilkan gambar-gambar yang dapat menstimulus peserta didik. Penggunaan media sparkol videoscribe dalam model pembelajaran guided inquiry pada pembelajaran IPA dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mendorong motivasi peserta didik. oleh karena itu dikembangkanlah media sparkol videoscribe dalam model pembelajaran guided inquiry pada pembelajaran IPA kelas VIII. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media sparkol videoscribe dalam model pembelajaran guided inquiry pada pembelajaran IPA kelas VIII dalam aspek motivasi belajar peserta didik pada materi gerak dan gaya serta pesawat sederhana sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di MTsN 5 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan ini dibagi kedalam tiga tahapan pengembangan yaitu tahap penelitian pendahuluan (Preliminary research), fasa pengembangan atau prototipe (development of protorype phase), dan fase penilaian (assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas media sparkol videoscribe dalam model pembelajaran guided inquiry diberikan kepada 5 orang validator ahli dinilai dari aspek isi, media, dan bahasa. Uji praktikalitas media sparkol videoscribe dalam model pembelajaran guided inquiry diberikan kepada dua orang pendidik fisika dan 16 orang peserta didik kelas IPA kelas VIII di MTsN 5 Padang. Uji efektifitas diberikan kepada 32 orang peserta didik kelas IPA kelas VIII di MTsN 5 Padang dinilai dari aspek motivasi belajar peserta didik. Hasil media sparkol videoscribe dalam model pembelajaran guided inquiry pada pembelajaran IPA kelas VIII MTsN pada materi Gerak dan Gaya serta Pesawat Sederhana memperoleh nilai 82,3% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas diperoleh 81% kategori sangat praktis. Hasil efektivitas diperoleh nilai 86% kategori sangat efektif untuk medorong motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian pengembangan dan analisis data telah dihasilkan media sparkol videoscribe dalam model pembelajaran guided inquiry pada pembelajaran IPA kelas VIII di MTsN valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VIII di MTsN 5 Padang. Kata Kunci : Sparkol Videoscribe, Guided Inquiry, Motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:05
Last Modified: 10 Aug 2022 07:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10452

Actions (login required)

View Item View Item