PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING SUITE PADA MATERI KALOR DAN TEORI KINETIK GAS KELAS XI SMA/MA

Meyza Amelia, Meyza (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING SUITE PADA MATERI KALOR DAN TEORI KINETIK GAS KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
combinepdf (5).pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV 62-103.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 106-110.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text
MEYZA AMELIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Meyza Amelia, NIM 1414080332, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite Pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas Kelas XI SMA/MA, Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2019, 110 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media berbasis komputer. Media yang biasa digunakan pendidik adalah LKS dan buku yang diterbitkan Kemendikbud. Dengan adanya media berbantuan komputer maka proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan tidak membosankan sehingga literasi media lebih bagus dan peserta didik menjadi lebih tertarik dalam memahami konsep materi pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu media berbantuan komputer dengan aplikasi. Aplikasi yang digunakan adalah ispring suite, karena software ini dapat menggabungkan teks, gambar, video, animasi, suara, dan quiz dalam satu media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengahasilkan media pembelajaran berbasis ispring suite pada materi kalor dan teori kinetik gas yang valid, praktis, dan efektif terhadap literasi media. Model pengembangan adalah 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu mulai dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam uji validitas media diberikan kepada 5 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media/konstruksi, dan bahasa. Uji praktikalitas media diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 10 orang peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 1 Pesisir Selatan dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Uji efektifitas diberikan kepada 19 orang peserta didik XI IPA 3 dinilai dari aspek literasi media peserta didik. Hasil penelitian yaitu telah dihasilkan media pembelajaran berbasis ispring suite yang valid, praktis, dan efektif terhadap literasi media. Kevalidan media tersebut mempunyai nilai rata – rata 88.39% dari segi materi, media, dan bahasa dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media tersebut mempunyai nilai rata – rata 80.12% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk keefektifan produk diperoleh nilai rata – rata 82.49% dengan kategori sangat efektif. Kata kunci : media pembelajaran, ispring suite, materi kalor dan teori kinetek gas, literasi media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:46
Last Modified: 09 Aug 2022 07:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10444

Actions (login required)

View Item View Item