PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SCREENCASTO-MATIC PADA MATERI LISTRIK STATIS DAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Liza Warni, Liza (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SCREENCASTO-MATIC PADA MATERI LISTRIK STATIS DAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER LIZA WARNI.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text
BAB II ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
BAB III perbaikan ADDIE batua.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text
full skripsi liza.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Liza Warni. 1414080711. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Screencast-O-Matic pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik di MTsN 1 Padang Pariaman. Skripsi. Tadris IPA Konsentrasi Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2018. 1-109 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang sudah menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint, namun pendidik kurang mampu mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, pendidik hanya menggunakan aplikasi power point sebagai media pembelajaran dengan penyajian materi dan rumus yang padat. Usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran screencast-o-matic, karena media yang dihasilkan bisa diakses di handphone, gadget sehinggaa peserta didik bisa belajar mandiri baik dirumah maupun disekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah pengembangan media pembelajaran screencast-o-matic valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran menurut validator, pendidik mata pelajaran IPA dan peserta didik?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan Screencast-O-Matic pada materi listrik statis dan listrik dinamis yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran di MTsN 1 Padang Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah R & D dengan model ADDIE dimana dalam tahapnya terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) analisis merupakan proses analisis kebutuhan, mengidentifikasi masalah, dan analisis tugas, (2) desain yaitu melakukan design media pembelajaran yang akan dibuat, (3) develoment yaitu kegiatan realisasi rancangan produk yang siap diimplementasikan, (4) implementasi yaitu menerapan media Screencast-O-Matic, (5) evaluasi yaitu peneliti melakukan penilaian formatif untuk mengetahui hasil belajar saat menggunakan media pembelajaran Screencast-O-Matic. Media pembelajaran Screencast-O-Matic ini diuji validitasnya oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, satu ahli bahasa, diuji praktikalitasnya 2 orang pendidik IPA dan 20 orang peserta didik serta diuji efektivitasnya oleh 27 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket yang menggunakan slaka likert dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan Screencast-O-Matic pada materi listrik statis dan listrik dinamis yang dikembangkan telah memenuhi kualitas produk yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas yang diperoleh media pembelajaran screencast-o-matic adalah 86,9 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji praktikalitas diperoleh nilai 88,9 % dengan kategori sangat praktis dan layak digunakan. Berdasarkan uji efektifitas diperoleh nilai 82,3 % dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:32
Last Modified: 09 Aug 2022 07:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10443

Actions (login required)

View Item View Item