PROFIL PENDIDIK MENURUT KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI

Alfi, Rusyda (2011) PROFIL PENDIDIK MENURUT KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. Masters thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER)
A-COVER.pdf - Published Version

Download (715kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (728kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Z-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Alfi Rusyda, NIM : 088091176, Profil Pendidik Menurut Konsep Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Tesis, Konsentrasi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang 2011, halaman Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi ini menuntut kualitas lulusan dalam bidang pendidikan. Lulusan yang diharapkan selain menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi juga memiliki iman dan taqwa yang baik, sehingga menghasilkan lulusan yang sempurna. Untuk itu, dalam menghadapi era globalisasi ini pendidik dituntut untuk mampu menguasai bahasa asing, mampu menguasai teknologi informasi, memiliki wawasan yang luas dan mampu menangkal dampak negatif era globalisasi. Kesemua itu sangat dibutuhkan oleh seorang pendidik dalam menghadapi era globalisasi ini. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan ini adalah 1) untuk mengetahui tentang penguasaan pendidik terhadap bahasa asing, 2) untuk mengetahui tentang penguasaan pendidik terhadap teknologi informasi, 3) untuk mengetahui tentang wawasan pendidik di era globalisasi dan 4) untuk mengetahui tentang kemampuan pendidik dalam menangkal dampak negatif dari era globalisasi Penelitian ini bercorak kajian kepustakaan ( Library research ). Dimana sumber data berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode berfikir deduktif, induktif dan komparatif. Sedangkan menganalisa data penulis menggunakan pendekatan analisa isi ( contet analysis ) yang melibatkan beberapa tahap sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan dari hasil penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menghadapi era globalisasi, pendidik perlu kiranya meningkatkan kemampuan dan keahliannya dalam segala bidang kehidupan. Untuk itu pendidik dituntut untuk dapat menguasai bahasa asing, menguasai teknologi informasi, memiliki wawasan yang luas serta dapat menangkal dampak negatif dari era globalisasi Dalam hal penguasaan bahasa asing, pendidik dituntut untuk menguasai bahasa asing karena bahasa asing menjadi sarana utama untuk mendapatkan, mengolah dan mendistribusikan informasi. Tanpa adanya keterampilan berbahasa asing, maka pendidik akan mengalami kesulitan untuk memahami dan merespon suatu informasi yang berkembang di masyarakat maupun di dunia. Dalam hal penguasaan teknologi informasi, pendidik dituntut untuk menguasai teknologi informasi yang ada. Teknologi informasi ini sangat membantu pendidik dalam mengefektifkan kegiatan pembelajaran. Pendidik harus serius belajar teknologi informasi, bagaimana menggunakannya, memanfaatkannya untuk memperkaya materi pelajaran dan menjadikannya sumber motivasi bagi anak didik. Pendidik bertanggung jawab terhadap pengaturan proses belajar mengajar yang bertujuan mengarahkan penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang diharapkan. vii Dalam hal wawasan pendidik di era globalisasi ini, pendidik dituntut memiliki wawasan yang luas terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidik dituntut untuk dapat memanfaatkan komputer dengan jaringan internet sebagai sumber pembelajaran bagi anak didiknya. Internet dapat memberi kemungkinan bagi pendidik untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata pelajaran sesuai dengan bidangnya. Melalui penggunaan internet pendidik akan selalu siap mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada siswa Dalam hal menangkal dampak negatif era globalisasi, pendidik harus dapat menangkal dampak negatif era globalisasi. Hal ini dapat dilakukan oleh pendidik dengan cara memperdalam kajian ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan pembinaan terhadap dirinya sendiri dan anak didiknya, mewaspadai setiap gerakan yang mengancam ideologi Pancasila, gerakan yang membahayakan Aqidah Islamiyah dan Akhlakul Karimah, meningkatkan kurikulum pendidikan berwawasan, serta jabarkan nilai-nilai Al Quran dan hadis dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfitri
Date Deposited: 09 Aug 2022 05:24
Last Modified: 09 Aug 2022 05:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10442

Actions (login required)

View Item View Item