PENGARUH KONSEP DIRI REMAJA TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DI KELURAHAN GURUN LAWEH NANGGALO KOTA PADANG (Tinjauan Bimbingan Konseling Islam)

Yanti, Revy Okta Vitri (2022) PENGARUH KONSEP DIRI REMAJA TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DI KELURAHAN GURUN LAWEH NANGGALO KOTA PADANG (Tinjauan Bimbingan Konseling Islam). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
REVY OKTA VITRI YANTI_ 1612020034_ COVER - Nilmala Sari.pdf

Download (947kB)
[img] Text
REVY OKTA VITRI YANTI _1612020034_ BAB I - Nilmala Sari.pdf

Download (695kB)
[img] Text (Bab II)
REVY OKTA VITRI YANTI _1612020034_ BAB II - Nilmala Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] Text
REVY OKTA VITRI YANTI_ 1612020034_ BAB III - Nilmala Sari.pdf

Download (619kB)
[img] Text (Bab IV)
REVY OKTA VITRI YANTI _1612020034 _BAB IV - Nilmala Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
REVY OKTA VITRI YANTI_1612020034_BAB V-DAFTARPUSTAKA - Nilmala Sari.pdf

Download (500kB)
[img] Text (Fulltext)
REVY OKTA VITRI YANTI_1612020034_FULLTEXT - Nilmala Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Terlihat di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo Kota Padang bahwa rendahnya konformitas teman sebaya, sehingga kurangnya penyesuaian tentang diri sendiri terhadap kelompok teman sebaya. Konformitas adalah sebuah fenomena sosial dimana seseorang menyesuaikan tingkah laku, sikap dan pandangan agar sesuai dengan orang lain (kelompok). Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui deskripsi konformitas teman sebaya, dan pengaruh konsep diri remaja terhadap konformitas teman sebaya di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian adalah remaja di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo Kota Padang, berjumlah 42 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini, dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan,adalah angket format skala likert. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) deskripsi konsep diri dari 42 subjek yang diteliti 5 orang atau 12% memiliki tingkat konsep diri yang tinggi, sebanyak 32 orang atau 76% memiliki tingkat konsep diri yang sedang dan sebanyak 5 orang atau 12% memiliki tingkat konsep diri yang rendah. Dari besarnya persentase pada tabel tersebut menunjukkan bahwa remaja di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo Kota Padang lebih dominan memiliki tingkat konsep diri yang dikategorikan sedang. 2) deskripsi konformitas teman sebaya dari 42 subjek yang diteliti 4 orang atau 10% memiliki tingkat konformitas yang tinggi, sebanyak 34 orang atau 80% memiliki tingkat konformitas yang sedang dan sebanyak 4 orang atau 10% memiliki tingkat konformitas yang rendah. Dari besarnya persentase pada tabel tersebut menunjukkan bahwa remaja di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo Kota Padang lebih dominan memiliki tingkat konformitas yang dikategorikan sedang. 3) Dari hasil analisis diperoleh bahwa konsep diri tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konformitas teman sebaya di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo Kota Padang nilai R-Square sebesar 0,183. Nilai < (2,993 < 2,0180), dan bernilai positif. Dan nilai signifikansi 0,05 sama besar dari 0,05, maka hipotesis diterima yang berarti konformitas teman sebaya di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo Kota Padang dipengaruhi oleh konsep diri. Dapat di simpulkan bahwa konsep diri berpengaruh signifikan terhadap Konformitas teman sebaya di kelurahan Gurun Laweh Nanggalo Kota Padang, artinya diterima dan ditolak. Konformitas merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan sosial. Di Kelurahan Gurun Laweh Nanggalo Kota Padang terlihat rendahnya konformitas teman sebaya. Banyak hal yang mempengaruhinya, salah satunya konsep diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 08 Aug 2022 05:19
Last Modified: 29 Aug 2022 07:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10430

Actions (login required)

View Item View Item