Pendidikan Karakter Dalam Surat Maryam Ayat 10-20 Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia

Lillah, Lillah (2022) Pendidikan Karakter Dalam Surat Maryam Ayat 10-20 Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
LILLAH_NIM 1820010008_Cover dkk - Lillah Nabila.pdf - Published Version

Download (907kB)
[img] Text
LILLAH_NIM 1820010008_BAB I - Lillah Nabila.pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text
LILLAH_NIM 1820010008_BAB III - Lillah Nabila.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text
LILLAH_NIM 1820010008_BAB V DAN KEPUSTAKAAN - Lillah Nabila.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] Text
LILLAH_NIM 1820010008_Fulltext - Lillah Nabila.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Pendidikan Karakter Dalam Surat Maryam Ayat 10-20 Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia” oleh Lillah, NIM.1820010008 Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan pendidikan karakter di Indonesia saat ini memang dirasakan mendesak. Gambaran situasi masyarakat bahkan situasi dunia pendidikan di Indonesia menjadi motivasi pokok pengarusutamaan implementasi pendidikan karakter Indonesia. Pendidikan karakter di Indonesia amat perlu pengembangannya bila mengingat kesalahan yang dilakuan oleh peserta didik seperti tawuran antar pelajar serta bentuk-bentuk kenakalan remaja lainnya terutama di kota-kota besar, pemerasan/kekerasan penggunaan narkoba dan lain sebagainya. Berbicara mengenai karakter berati harus didasarkan kepada nilai-nilai al-Quran. Nilai-nilai al-Quran yang dimaksud benar-benar ditekankan untuk diaplikasikan dalam kehidupan nyata bukan hanya di teorikan semata, melalui proses internalisasi yang berkelanjutan. Nilai-nilai tersebut diterapkan dalam jiwa individu sedemikian rupa, sehingga nyata menjelma menjadi sifat kepribadiannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pendidikan karakter dalam surat Maryam ayat 10-20 dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Batasan masalah penelitian ini pendidikan karakter religius dalam surat Maryam ayat 10-20, pendidikan karakter sosial dalam surat Maryam ayat 10-20, pendidikan karakter personal dalam surat Maryam ayat 10-20 dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimana bagaimana bentuk pendidikan karakter religius, sosial dan personal dalam surat Maryam ayat 10-20 serta relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer yaitu buku-buku yang secara langsung berkaitan dengan objek penelitian seperti tafsir Ibnu Katsir, tafsir al-Azhar dan lain sebagainya dan sumber data sekunder yaitu sumber data yang berupa buku serta kepustakaan yang terkait dengan objek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data adalah: (1) editing, (2) organizing, (3) hasil penelitian. Dan teknis analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan metode tafsir maudhu’i atau yang disebut dengan metode tematik. Metode maudhu’i adalah metode yang menafsirkan ayat-ayat al-Quran berdasarkan tema tertentu, langkahnya yaitu membuat tema sesuai isi kandungan dan menafsirkan secara rinci ayat-ayat atau bagian yang terkait dengan tema dan sub trema pembahasan merujuk kitab tafsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter religius yang terdapat pada surat Maryam ayat 10-20 adalah bertaqwa kepada Allah, dan Tawakkal kepada Allah. Pendidikan Karakter sosial yang terdapat pada surat Maryam ayat 10-20 adalah berbakti kepada orang tua dan peduli terhadap sesama. Pendidikan Karakter personal yang terdapat pada surat Maryam ayat 10-20 adalah cinta ilmu, kejujuran, tanggung jawab dan menjaga kehormatan. Pendidikan ix karakter di Indonesia, yang tujuannya menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik dan ditekankan untuk diaplikasikan dalam kehidupan nyata bukan hanya diteorikan semata. Pendidikan karakter dalam surat Maryam sejalan dengan apa yang diharapkan dari tujuan dari pendidikan karakter. Seperti karakter bertaqwa kepada Allah, berbakti kepada orang tua, dan sungguh-sungguh dalam belajar. Diterapkan dalam jiwa peserta didik sedemikian rupa, sehingga nyata menjadi sifat kepribadiannya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 07 Aug 2022 16:55
Last Modified: 07 Aug 2022 16:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10419

Actions (login required)

View Item View Item