IMPLEMENTASI METODE FORWARD CHAINING DALAM MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA

Wandira, Raju and Naam, Jufriadif (2020) IMPLEMENTASI METODE FORWARD CHAINING DALAM MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA. Jurnal Computer Science and Information Technology (CoSciTech, 1 (2). pp. 84-92. ISSN Print: 2723-567X dan Elekronik: 2723-5661

[img] Text
Raju Wandira.pdf

Download (395kB)
Official URL: http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/coscitech/inde...

Abstract

Kepribadian merupakan keseluruhan aspek psikis dan fisik seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian merupakan hal menonjol dan sering ditunjukkan yang ada pada diri seorang individu. Begitu juga dengan siswa, mereka memiliki kepribadian yang berbeda dan hal itu akan berpengaruh pada kualitas pembelajaran. Untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, pihak sekolah perlu mengidentifikasi dan memahami kepribadian siswanya. Sehingga bisa diterapkan metode pembelajaran yang tepat dan pemilihan jurusan yang sesuai di perguruan tinggi. Untuk mengidentifikasi kepribadian siswa dapat dilakukan dengan sistem yang disebut dengan sistem pakar. Sistem pakar mengidentifikasi kepribadian siswa menggunakan metode forward chaining yang diperoleh dari siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Candung (SMAN 1 Candung), Kabupaten Agam. Pada metode forward chaining, proses penalaran yang dimulai dari fakta terlebih dahulu untuk menguji kebenaran hipotesis. Proses pencarian datanya dimulai dari premis-premis menuju kesimpulan akhir. Membuat sistem pakar identifikasi kepribadian siswa menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan Database MySQL. Hasil dari pengujian terhadap metode ini adalah dapat diketahuinya kepribadian siswa sehingga dapat diterapkan metode pembelajaran yang sesuai, rekomendasi jurusan untuk siswa di perguruan tinggi dan saran jenis pekerjaan sesuai dengan kepribadian siswa tersebut. Sistem pakar kepribadian telah dapat mengidentifikasi kepribadian siswa dalam menentukan metode pembelajaran dan pemilihan jurusan serta saran jenis pekerjaan. Sistem pakar kepribadian telah dapat mengidentifikasi kepribadian siswa dalam menentukan metode pembelajaran dan pemilihan jurusan serta saran jenis pekerjaan. Sistem pakar ini sudah dapat berjalan dengan baik dan sudah dapat direkomendasikan untuk membantu siswa, guru dan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Forward Chaining, Kepribadian, Sistem Pakar
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yendri Yan Pustakawan
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:10
Last Modified: 05 Aug 2022 04:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10416

Actions (login required)

View Item View Item