METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL+STATPLUS GUNA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWAPADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA

Hasibuan, Erwina Azizah and Hasibuan, Lilis Harianti (2017) METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL+STATPLUS GUNA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWAPADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA. Jurnal LPPM, 8 (1). ISSN Print: 2087-3131 dan Elektronik: 2541-5522

Full text not available from this repository.
Official URL: https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/jurnalLPPM/arti...

Abstract

Konsep belajar mandiri dalam tutorial mengandung pengertian, bahwa tutorial merupakan bantuan belajar dalam upaya memicu dan memacu kemandirian, disiplin, dan inisiatif diri mahasiswa dalam belajar dengan minimalisasi intervensi dari pihak pembelajar yang dikenal sebagai Tutor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengambil subjek penelitian mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UGN Padangsidimpuanyang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 4 mahasiswa laki-laki dan 11 mahasiswa perempuan. Objek yang diambil adalah hasil tes belajar mahasiswa, kemandirian mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dan laboratorium.Aktivitas dosen dan tutor yang mengkhususkan pada metode pembelajaran tutorial yang diaplikasikan pada penggunaan microsoft exel dengan aplikasi statplus di dalamnya guna untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa pada mata kuliah statistikmatematika. Terdapat peningkatan hasil belajar pada mata kuliah statistik matematika mahasiswa melalui penerapan metode pembelajaran tutorial berbantuan Ms. Excel +Stat Plus pada mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Matematika UGN Padangsidimpuan, dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar statistik Matematika dikelas mahasiswa pada siklus I 26,67% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian dari rata-rata hasil belajar praktikum statistik Matematika di laboratorium mahasiswa pada siklus I 6,67% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 100%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yendri Yan Pustakawan
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:19
Last Modified: 05 Aug 2022 03:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item