Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geschool dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 26 Padang

Melandiana, Putri (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geschool dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 26 Padang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Melandianaputri_2020010017_Cover,dll sudah ttd - Melandiana Putri.pdf - Published Version

Download (751kB)
[img] Text
Melandianaputri_2020010017_Bab 1 - Melandiana Putri.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
Melandianaputri_2020010017_Bab III - Melandiana Putri.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
Melandianaputri_2020010017_Bab V - Melandiana Putri.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
Melandianaputri_2020010017_Fulltext pakai ttd - Melandiana Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebelum masa pandemi aplikasi geschool belum pernah digunakan oleh SMPN 26 Padang. Adapun kendala yang dihadapi siswa antara lain: siswa membuka aplikasi yang tidak berkaitan dengan proses pembelajaran pada saat jam pelajaran, guru kesulitan dalam menghubungi siswa yang absen pada saat pembelajaran daring, siswa yang bergantian memakai gawai dengan saudara yang lain sehingga tidak bisa mengikuti pembelajaran di geschool. Siswa kurang mengatahui fungsi fitur-fitur pada aplikasi geschool. Kemudian terkait dengan motivasi belajar peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran e-learning berbasis geschool ini terdapat juga peserta didik kurang antusias bertanya kepada guru melalui whatshaap ataupun telepon terkait materi PAI yang belum di pahami, peserta didik tidak tepat waktu dalam mengikuti pembelajaran dengan alasan tertidur, masih banyak siswa yang tidak mengikuti secara keseluruhan dalam pembelajaran PAI dan masih masih banyak peserta didik yang absen dalam pembelajaran PAI. Dengan demikian hal tersebut dapat berpengaruh dalam hasil belajar peserta didik itu sendiri. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi penggunaan aplikasi geschool terhadap hasil belajar, pengaruh penggunaan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Dan pengaruh penggunaan aplikasi geschool terhadap motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 26 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan jenis asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI SMP di Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 232 orang, dan yang menjadi sampel berjumlah 152 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa:(1) Penggunaan aplikasi geschool berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMPN 26 Padang. Berdasarkan perhitungan statistik di dapatkan hasil bahwa nilai thitung variabel penggunaan aplikasi geschool sebesar -5,095 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (p < 0,05). (2) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMPN 26 Padang. Berdasarkan xiv perhitungan statistik di dapatkan hasil bahwa nilai thitung variabel motivasi belajar sebesar -3.618 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (p < 0,05). (3) Penggunaan aplikasi geschool dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMPN 26 Padang. Hasil uji regresi linear berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 13.025 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:02
Last Modified: 03 Aug 2022 07:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item