Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Balajar dan Implikasi dalam Bidang Bimbingan Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2016/2017

Desri Devita, Devita (2018) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Balajar dan Implikasi dalam Bidang Bimbingan Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2016/2017. Bimbingan dan Konseling. (Unpublished)

[img] Text (cover-abstrak)
KOVER_Abstrak.pdf - Published Version

Download (830kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul :“Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Balajar dan Implikasi dalam Bidang Bimbingan Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2016/2017”, (skripsi :2018) yang disusun oleh Desri Devita NIM. 1314030466 Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini berdasarkan data lapangan yang penulis temukan melalui observasi dan wawancara dengan guru pembimbing/guru BK dan peserta didik bahwasanya permasalahan yang sering dialami peserta didik yaitu mengenai hasil belajar. Hal ini disebabkan karena tingkat motivasi baik instrinsik maupun ekstrinsik dalam diri peserta didik. Hal tersebut bisa terlihat ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan hal itu batasan masalah dari penelitian ini yaitu: (1)Motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang (2)Hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang (3) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Gunung Talang (4) Implikasi dalam bidang bimbingan belajar peserta didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Gunung Talang Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1)Motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang (2) Hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang (3) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Gunung Talang (4) Implikasi dalam bidang bimbingan belajar peserta didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Hipotesis yang diajukan adalah Ha bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, dan Ho bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah motivasi belajar dan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik dikelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang yang berjumlah 165 peserta didik dengan sampel 49 peserta didik yang diambil melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket tentang motivasi belajar. Data diolah dengan menggunakan Program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Penelitian ini menemukan bahwa (1) motivasi belajar peserta didik kelas VII tergolong dalam kategori motivasi yang sedang dengan persentase 51,02 % (2) hasil belajar peserta didik kelas VII tergolong dalam kategori baik dengan persentase 46,93 % (3) Dari hasil pengolahan data di dapatkan bahwa rxy = 0,826 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 1% = 0,361 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Pada koefisien hubungan menunjukkan arah hubungan yang positif, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Gunung Talang. (4) Implikasi dalam bidang bimbingan belajar dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 02:37
Last Modified: 15 Aug 2018 04:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item