BIMBINGAN USTAZAH TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI DI MASJID MUHSININ KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Silvia, Rani (2022) BIMBINGAN USTAZAH TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI DI MASJID MUHSININ KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
RANI SILVIA_1712020018_COVER, dll - Rani Silvia.pdf

Download (296kB)
[img] Text
RANI SILVIA_1712020018_BAB I - Rani Silvia.pdf

Download (579kB)
[img] Text
RANI SILVIA_1712020018_BAB II - Rani Silvia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
RANI SILVIA_1712020018_BAB III - Rani Silvia.pdf

Download (460kB)
[img] Text
RANI SILVIA_1712020018_BAB IV - Rani Silvia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
RANI SILVIA_1712020018_BAB V _ DAFTAR PUSTAKA - Rani Silvia.pdf

Download (240kB)
[img] Text
RANI SILVIA_1712020018_fulltext-- - Rani Silvia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)

Abstract

Membaca Al-Qur‟an kewajiban bagi umat Islam, karena Al-Qur‟an merupakan ajaran pertama dalam menjalani kehidupan di dunia. Namun di TPA, masih ada santri yang tidak berani, takut dan ragu-ragu untuk membaca Al-Qur‟an maupun hafalan ayat pendek. Sehingga santri perlu diberikan bimbingan oleh ustazah TPA. Tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan bimbingan ustazah dari aspek keyakinan kemampuan diri, optimis, dan bertanggung jawab di TPA Masjid Muhsinin Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini, yaitu field research (penelitian lapangan), menggunakan metode kualitatif, dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ustazah TPA, dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 3 (tiga) orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) Bimbingan ustazah TPA dalam mengembangkan kepercayaan diri santri dari aspek keyakinan kemampuan diri, melatih bakat santri yaitu dengan cara, bagi santri yang bagus suaranya di ikutkan perlombaan, bagi yang kesulitan belajar, diberi waktu tambahan belajar, dan bagi santri yang pemalu diminta tampil pada kegiatan didikan subuh; (2) bimbingan ustazah TPA dalam mengembangkan kepercayaan diri santri dari aspek optimis, dengan cara memberikan bimbingan berupa nasehat, melatih kemampuan santri, dan memberi semangat, serta meyakinkan santri bahwa ia bisa; dan (3) bimbingan ustazah TPA dalam mengembangkan kepercayaan diri santri dari aspek bertanggung jawab, dengan cara memberikan bimbingan berupa peringatan untuk tugas yang di amanahkan kepada santri, teguran, atau sanksi apabila santri tidak bertanggung jawab atas tugas yang diterimanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Pustakawan
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:29
Last Modified: 25 Aug 2022 03:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item