PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS UNO SMART CARD UNTUK MINAT BELAJAR PADA MATERI ZAT DAN KARAKTERISTIKNYA SERTA SUHU DAN KALOR DI KELAS VII SMPN 38 PADANG

Farmita Sari, Sari (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS UNO SMART CARD UNTUK MINAT BELAJAR PADA MATERI ZAT DAN KARAKTERISTIKNYA SERTA SUHU DAN KALOR DI KELAS VII SMPN 38 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2. COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Farmita Sari, 1414080007, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Uno Smart Card untuk Minat Belajar pada Materi Zat dan Karakteristiknya serta Suhu dan Kalor di Kelas VII SMPN 38 Padang. Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang . 2019. 1-114. Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah suatu proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan (isi atau materi ajar) dari sumber pesan melalui saluran/ media tertentu ke penerima pesan (peserta didik). Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMPN 38 Padang, Proses belajar mengajar IPA di sekolah umumnya dianggap tidak menarik. Peserta didik belajar dengan bersumber pada pendidik, buku pelajaran dan LKS yang membuat peserta didik selama proses pembelajaran hanya mendengarkan penjelasan pendidik, menyalin ulang catatan pendidik dari papan tulis dan mengerjakan latihan soal. Pembelajaran seperti ini dapat mejadikan pembelajaran IPA sebagai pelajaran yang membosankan dan tidak menarik lagi bagi peserta didik sehingga minat peserta didik untuk mempelajari IPA kurang. Tidak bisa di pungkiri, pemakaian media dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan rangsangan kegiatan belajar. Seiring dengan pengaruh perkembangan teknologi yang pesat, memungkinkan peserta didik untuk memilih permainan sebagai media belajarnya. Permainan yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat diadopsi dari permainan sehari-hari yang biasanya senang dimainkan oleh peserta didik serta dapat diolah dengan mengintegrasikan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar sambil bermain yaitu permainan Uno Smart Card. Tujuan penelitian ini adalah dihasilkan media pembelajaran berbasis Uno Smart Card yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan media pembelajaran berbasis Uno Smart Card mengacu pada model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan penelitian yaitu penelitian pendahuluan (Preliminary Research), fase pengembangan atau prototipe ( Development of prototype phase), dan fase penilaian (Assesment phase). Uji validitas media pembelajaran berbasis Uno Smart Card dilakukan oleh lima orang ahli dari segi kelayakan isi (materi), bahasa dan media. Uji praktikalitas dari segi kemudahanpenggunaa, waktu penggunaan, kesenangan oleh dua orang pendidik dan peserta didik kelas VII SMPN 38 Padang. Uji efektifitas media pembelajaran berbasis Uno Smart Card pada aspek minat belajar peserta didik kelas VII SMPN 38 Padang. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai validitas 84,37% , dengan rincian: kelayakan isi 83, 75%, kelayakan bahasa 85%, dan kelayakan media 84,37%. Nilai praktikalitas adalah 94,37% yang diperoleh dari dua orang pendidik, dan nilai prakikalitas adalah 88, 32 yang diperoleh dari 15 orang peserta didik. Perolehan nilai efektifitas pengunaan media adalah 89,16%. Jadi dapat dsimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Uno Smart Card telah valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Media, Uno Smart Card, zat dan karakteristiknya, suhu dan kalor minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:52
Last Modified: 03 Aug 2022 03:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item