PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO BERBASIS MODEL MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) PADA MATERI VEKTOR DAN KINEMATIKA GERAK LURUS DI MAN 2 PADANG

Dwi Indah Permata Sari, Dwi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO BERBASIS MODEL MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) PADA MATERI VEKTOR DAN KINEMATIKA GERAK LURUS DI MAN 2 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Indah Permata Sari. 1414080710. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio Berbasis Model MEA(Means Ends Analysis) pada Materi Vektor dan Kinematika Gerak Lurus di MAN 2 Padang”. Skripsi. Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.115 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidik yang jarang menggunakan media berbasis komputer (teknologi). Salah satu aspek yang menentukan keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah pemilihan media pembelajaran yang tepat, selain itu juga membutuhkan suatu model pembelajaran agar media dan materi pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik. Pendidik lebih sering menjelaskan materi menggunakan buku pegangan yang ada saja, sehingga pembelajaran jadi membosankan dan minat belajar peserta didik menurun. Maka salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan Camtasia Studio dan bentuk media tak hanya materi tetapi juga dilengkapi model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis), animasi, narasi serta musik pengiring sesuai dengan materi vektor dan kinematika gerak lurus. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran menggunakan Camtasia Studio berbasis model MEA (Means Ends Analysis) pada materi vektor dan kinematika gerak lurus di MAN 2 Padang yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Uji validitas media pembelajaran dilihat dari segi isi, media dan bahasa yang divalidasi oleh empat orang validator. Uji pratikalitas dilihat dari kemudahan dalam menggunakan media pembelajaran oleh tiga orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik kelas X MIA 2 MAN 2 Padang. Uji efektifitas media pembelajaran dengan melihat minat belajar peserta didik kelas X MIA MAN 2 Padang. Instrumen yang digunakan untuk uji validitas, pratikalitas dan efektifitas adalah angket dengan skala Likert dan selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran menggunakan Camtasia Studio berbasis model MEA (Means Ends Analysis) pada materi vektor dan kinematika gerak lurus di MAN 2 Padang valid, praktis, dan efektif denga kriteria sangat valid (85,5%), kriteria sangat praktis (86,41%) dan kriteria sangat efektif (84,79%). Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan Camtasia Studio berbasis model MEA dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas X MAN 2 Padang. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Camtasia Studio, MEA, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:35
Last Modified: 03 Aug 2022 03:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item