PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DISERTAI TEKA TEKI SILANG MENGGUNAKAN APLIKASI CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Devi Defriani Azman, Devi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DISERTAI TEKA TEKI SILANG MENGGUNAKAN APLIKASI CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Devi Defriani Azman. Nim 1414080674. Pengembangan Media Pembelajaran disertai Teka-Teki Silang Menggunakan Aplikasi Crossword Puzzle pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Skripsi. Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2018. Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan pembelajaran yang sistematis, berlaku umum (universal) dan berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen sehingga objek dalam pembelajaran IPA dituntut mencakup kegiatan belajar yang memerlukan peserta didik untuk mencoba, dan mengobservasi fenomena alam. Media merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keberhasilan pembelajaran, karena dapat membantu peserta didik dan pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang sering digunakan adalah microsoft power point. Microsoft power point biasanya digunakan dalam presentasi, akan tetapi program ini memiliki fasilitas untuk membuat media pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang membantu peserta didik dan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran disertai teka-teki silang menggunakan aplikasi crossword puzzle pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model ADDIE mulai dari tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Uji validitas media pembelajaran dilihat dari segi kelayakan isi, media dan bahasa oleh lima orang ahli. Uji praktikalitas dilihat dari kemudahan dalam menggunakan media pembelajaran oleh dua pendidik fisika dan 15 peserta didik di kelas VII MTsN 05 Nan Sabaris Padang Pariaman. Uji efektivitas media pembelajaran dengan mengetahui kemandirian belajar peserta didik kelas VII MTsN 05 Nan Sabaris Padang Pariaman. Instrumen yang digunakan dalam uji validitas, praktikalitas dan efektivitas menggunakan angket dengan skala Likert . Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran disertai teka-teki silang menggunakan aplikasi crossword puzzle pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global untuk meningkatkan kemandirian belajar IPA peserta didik menghasilkan media pembelajaran dengan kriteria sangat valid (93,18%), kriteria sangat praktis (88.41%) dan kriteria sangat efektif (89,5%). Kata kunci : Media pembelajaran, aplikasi crossword puzzle, pencemaran lingkungan dan pemanasan global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:27
Last Modified: 03 Aug 2022 03:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10385

Actions (login required)

View Item View Item