DIGITAL DIVIDE: STRATEGI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DI MASA PANDEMI COVID 19

Fakhlina, Resty Jayanti (2021) DIGITAL DIVIDE: STRATEGI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DI MASA PANDEMI COVID 19. Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan, 3 (2). pp. 149-171. ISSN Print: 2723-0163 elektronik: 2723-0171

[img] Text
resty 3735-9208-1-SM (1).pdf

Download (407kB)
Official URL: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/makt...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengatasi kesenjangan digital dan menjadi prioritas utama dalam menghadapi era society 5.0. Perkembangan TIK ini dipacu oleh kondisi pandemi COVID 19 yang mewabah di seluruh dunia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualtiatif dengan mengumpulkan data wawancara melalui 6 orang informan. Hasil penelitian menyatakan bahwa perpustakaan sekolah sudah mengambil langkah-langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka dalam menghadapi era society 5.0 dan pandemi COVID 19 yang melanda Indonesia. Mulai dari menyediakan infrastuktur untuk mengatasi kesenjangan akses digital, sampai pada memberikan pelatihan dalam menelusur informasi secara daring untuk mengurangi kesenjangan kemampuan digital siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perpustakaan sekolah memiliki kewajiban untuk meminimalisir terjadinya kesenjangan digital dalam menghadapi era society 5.0 dan pandemi COVID 19. Kata Kunci: Kesenjangan Digital; Kesenjangan Akses Digital; Kesenjangan Kemampuan Digital; Era Society 5.0; COVID 19; dan Perpustakaan Sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesenjangan Digital; Kesenjangan Akses Digital; Kesenjangan Kemampuan Digital; Era Society 5.0; COVID 19; dan Perpustakaan Sekolah
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rusdin Zebua Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:50
Last Modified: 03 Aug 2022 06:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10383

Actions (login required)

View Item View Item