PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANIMASI FLASH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Desi Kurniati, Desi (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANIMASI FLASH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
b. cover, pers, abstr.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text
d. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text
Full Gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Desi Kurniati, NIM 1414080336, Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2019, 152 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan evaluasi pembelajaran fisika disekolah yang kurang efektif karena instrumen penilaian pembelajaran fisika yang digunakan bentuk soal-soalnya belum memberikan gambaran nyata terhadap konsep fisika serta kurang mampu memberikan jenis pertanyaan yang memuat unsur-unsur berfikir kritis terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan bentuk instrumen penilaian yang mampu melatih kemampuan berfikir kritis peserta didik dengan melaksanakan evaluasi pembelajaran fisika berbasis animasi flash. Sejalan dengan permasalahan tersebut, sehingga perlu dikembangkan Instrumen Penilaian Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan Instrumen Penilaian Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan ini adalah 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu mulai dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas soal fisika berbasis animasi flash diberikan kepada 6 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, kontruksi, media dan bahasa. Uji praktikalitas soal diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik kelas X IPA4 SMAN 4 Solok Selatan dinilai dari aspek kemudahan dan kesenangan dalam penggunaan instrumen tes.Uji efektifitas diujikan kepada 20 orang peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 4 Solok Selatan dengan memberikan Instrumen Penilaian Berbasis Animasi Flash. Hasil penelitian ini adalah soal fisika berbasis animasi flash yang valid, praktis dan efektif. Soal fisika tersebut valid baik dari segi materi, konstruksi, media dan bahasa dengan nilai rata-rata 90,63 % untuk materi gerak lurus dan 90,57% untuk materi gerak melingkar dengan kategori sangat valid. Kepraktisan soal fisika tersebut mempunyai nilai rata-rata yaitu 88,63% untuk materi gerak lurus dan 88,3% untuk materi gerak melingkar dengan keduanya termasuk kategori sangat praktis, sedangkan untuk keefektifan produk diperoleh validitas soal sebesar 90 % untuk materi gerak lurus dan 90% untuk materi gerak melingkar, realibilitas soal 0,7262 materi gerak lurus, 0,7534 materi gerak melingkar dengan tingkat kesukaran dan daya pembeda soal yang baik pada setiap butir soalnya. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Instrumen Penilaian, Animasi Flash, Berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:56
Last Modified: 03 Aug 2022 02:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10381

Actions (login required)

View Item View Item