PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANIMASI MACROMEDIA FALSH 8 PADA MATERI GERAK BENDA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTsN 8 PESISIR SELATAN

Bustanil Harifin (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANIMASI MACROMEDIA FALSH 8 PADA MATERI GERAK BENDA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTsN 8 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover, Persetujuan Pembimbing dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (862kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text
BAB II,.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB III...pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.,.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.,.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Bustanil Harifin. 1414080153. “Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi Macromedia Flash 8 pada materi gerak benda dan pesawat sederhana kelas VIII MTsN 8 Pesisir Selatan”. Skripsi. Tadris IPA Konsentrasi Fisika Program Serjana Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang, 2019, 104 halaman. Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi Macromedia Flash 8 berkaitan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berpengaruh besar kepada pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pemamfaatan media pembelajaran di sekolah belum optimal, banyak hasil penelitian menunjukan media pembelajaran fisika berbasis animasi Macromedia Flash 8 dapat menghemat waktu, mengkongkritkan dan menarik minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran fisika berbasis animasi Macromedia Flash 8 diharapkan dapat mengatasi keterbatasan waktu dan keterbatasan pola pikir serta daya tangkap peserta didik yang berbedabeda setiap individunya dalam menerima, mencerna materi pembelajaran. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah memperoleh media pembelajaran fisika berbasis animasi Macromedia Flash 8 yang valid, praktis dan efektif dalam kegiatan belajar mengajar melalui proses pengembangan Research and Developmen. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah-langkah Borg and Gall. Tahapan pengembangannya adalah dengan sepuluh tahap yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi masal dilakukan untuk mendapatkan media pembelajaran fisika berbasis animasi macromedia flash 8 pada materi gerak benda dan pesawat sederhana kelas VIII MTsN yang valid, praktis dan efektif melalui uji coba produk dalam skala kecil dan skala besar dengan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif (teknik persentase). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran fisika berbasi animasi Macromedia Flash 8 sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil validasi dari ahli menunjukan bahwa media pembelajaran fisika berbasis animasi Macromedia Flash 8 sudah sangat valid dari aspek isi dengan nilai di proleh 76,5%, media dengan nilai di proleh 87,5%, dan bahasa dengan nilai di proleh 83,3%,. Produk media pembelajaran berupa animasi Macromedia Flash 8 dapat dan mudah digunakan oleh praktisi dan peserta didik serta memberikan manfaat bagi pendidik dan peserta didik. Keefektifan media pembelajaran dari hasil pengisian angket efektifitas oleh peserta didik sangat efektif karna dapat menarik minat belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran fisika berbasis animasi macromedia flash 8 pada materi gerak benda dan pesawat sederhana. Kata kunci: Media pembelajaran, media pembelajaran, animasi Macromedia Flash flash 8, minat belajar, gerak benda dan pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:44
Last Modified: 03 Aug 2022 02:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item