PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SEMESTER 1 KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH LAKITAN KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2017

ariskah, fajriyah (2018) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SEMESTER 1 KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH LAKITAN KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover)
cover, persetujuan, abstrak.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text (bab 3)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (578kB)
[img] Text (bab 4)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text (bab 5)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text (lengkap)
FULL.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul” Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Pada Semester 1 Kelas XI di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2017” oleh Fajriyah Ariskah, BP 1314090699. Jurusan Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Yang melatar belakangi penelitian ini adalah proses pembelajaran yang berlangsung di kelas XI menghadapi berbagai problematika, sehingga kurang kondusif, peserta didik kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, masih terdengar keributan dan masih terdengar suara-suara yang menganggu proses pembelajaran, dan kurangnya tanggung jawab peserta didik dalam mengerjakan tugas seperti : mencatat, menulis dan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan problematika pelaksanaan pembelajaran sejarah mulai kegiatan awal, kegiatan inti, sampai dengan kegiatan penutup. Metode penelitian yang digunakan kualitatif, sumber data dari guru bidang studi sejarah dan peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik analisis data meliputi, pengumpulan data, tahap reduksi data, penyajian data dan tahap terakhir yaitu kesimpulan. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan: pertama, problematika pelaksanaan pembelajaran sejarah pada kegiatan awal yaitu sebagian peserta didik kesulitan menghafal ayat Al-Qur’an yang sudah ditentukan, kurangnya motivasi yang diberikan guru kepada peserta didik, kesulitan mengulang materi pembelajaran sejarah, dan peserta didik kurang aktif dalam bertanya. Kedua, problematika pelaksanaan pembelajaran sejarah pada kegiatan inti yaitu, kurang keseriusan peserta didik dalam pembelajaran sejarah, gambar yang diamati kurang jelas, bahasa bertanya berbelit-belit, kalimat tanya kurang jelas, kurangnya sumber belajar pembelajaran sejarah, internet, kurang kerja sama, keraguan dalam membuat hasil diskusi, dan menggunakan bahasa lisan kurang komunikatif. Ketiga problematika pelaksanaan pembelajaran sejarah pada kegiatan penutup yaitu kesulitan peserta didik dalam menyimpulkan pembelajaran dan menanyakan kekurangan pembelajaran pada hari itu. kata kunci:problematik, pembelajaran sejarah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:55
Last Modified: 15 Aug 2018 03:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item