Pengaruh Pendapatan Petani terhadap Daya Beli Petani ( Studi kasus petani karet di Kenagarian Simalidu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya)

NURLIA.S, NURLIA.S (2022) Pengaruh Pendapatan Petani terhadap Daya Beli Petani ( Studi kasus petani karet di Kenagarian Simalidu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (Skripsi)
Nurlia S_.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Daya beli yang tinggi menunjukkan tingkat kesejahteraan yang tinggi, hal ini berkaitan dengan keberhasilan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kehidupan yang layak dapat diukur dengan indikator daya beli, dimana semakin tinggi daya beli seseorang maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kesejahteraannya semakin tinggi. Daya beli masyarakat sangat erat hubungannya dengan pendapatan masyarakat, apabila pendapatan masyarakat meningkat maka kemampuan daya beli masyarakat akan semakin tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh dari pendapatan petani karet terhadap daya beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendapatan petani karet terhadap daya beli di Kenagarian Simalidu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dan teknik pengumpulan data diperoleh dari penyebaran kuesioner atau sumber data primer. Subyek dari penelitian ini adalah para petani karet yang menyadap kebun karet milik sendiri di Kenagarian Simalidu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya dengan sampel terdiri dari 73 KK. Indikator dalam penelitian ini yaitu total penerimaan petani, dan total pengeluaran petani selama satu bulan. Untuk mengolah data hasil penelitian digunakan aplikasi stata 14. Selain dari variabel pendapatan petani dan daya beli yang diolah menggunakan aplikasi stata 14, ditambahkan juga variabel kontrol diantaranya jenis kelamin, umur, pendidikan, dan jumlah tanggungan untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis regresi bahwa pendapatan petani berpengaruh positif terhadap daya beli petani dengan koefisien regresi sebesar 0,0000461 artinya semakin tinggi pendapatan yang diterima oleh petani karet maka semakin tinggi pula kemampuan/daya beli petani terhadap barang dan jasa. Setiap peningkatan satu satuan pendapatan petani, akan meningkatkan daya beli sebesar 0,0000461 satuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Petani, Daya Beli Petani, dan Petani Karet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Bustanul Syukri Pustakawan
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:33
Last Modified: 27 Jul 2022 01:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item