PENGARUH REVITALISASI PASAR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pasar Atas, Kota Bukittinggi)

NADIATUL KHAIRIYAH, NADIATUL (2022) PENGARUH REVITALISASI PASAR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pasar Atas, Kota Bukittinggi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (Skripsi)
Nadiatul Khairiyah.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kota Bukittinggi merupakan kota yang menjadikan pasar sebagai sumber ekonomi masyarakatnya. Revitalisasi pasar merupakan perubahan keadaan pasar yang dilakukan oleh pemerintah, karena pasar mengalami kerusakan alam maupun kerusakan yang dilakukan oleh manusia. Penelitian ini meneliti tentang pengaruh revitalisasi pasar berupa revitalisasi fisik dan ekonomi terhadap minat konsumen berbelanja di Pasar Atas, Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat konsumen berbelanja di Pasar Atas setelah adanya revitalisasi pasar berupa revitalisasi fisik dan ekonomi pasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data diperoleh dari penyebaran kuesioner dimana sampel yang didapatkan dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria sampelnya yaitu konsumen yang pernah berbelanja di Pasar Atas sebelum dan sesudah pasar ini direvitalisasi dan didapatkanlah sampel sebanyak 100 konsumen yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat SPSS Versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Revitalisasi Kualitas fisik memiliki nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka dapat diartikan bahwa kualitas fisik pasar setelah revitalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Kualitas Ekonomi memiliki nilai signifikasi 0,099 > 0,05 dan dapat diartikan bahwa harga barang berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil nilai R Square sebesar 0,275, artinya kontribusi dari variabel revitalisasi kualitas fisik (X1) dan revitalisasi kualitas ekonomi (X2) adalah 27,5% terhadap minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Bustanul Syukri Pustakawan
Date Deposited: 25 Jul 2022 13:33
Last Modified: 25 Jul 2022 13:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item View Item