DAMPAK PEMBIAYAAN QARDHUL HASAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO (Studi Kasus Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Al Kautsar)

MUHAMMAD IBRAHIM, MUHAMMAD (2022) DAMPAK PEMBIAYAAN QARDHUL HASAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO (Studi Kasus Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Al Kautsar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (Skripsi)
Muhammad Ibrahim.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembiayaan qardhul hasan terhadap pendapatan usaha mikro nasabah. Dalam penelitian ini penulis menyajikan sebuah penelitian empiris tentang Bagaimana pembiayaan qardhul hasan terhadap pendapatan usaha mikro nasabah Bank Wakaf Mikro PPM Al-Kautsar Kec. Harau Kab Lima Puluh Kota sebelum dan sesudah menerim a dana dengan akad pembiayaan qardhul hasan yang diselenggarakan oleh BWM sejak 2018 telah memiliki menyalurkan dana kepada nasabah sebanyak 550 orang. Pembiayaan qardhul hasan yang disalurkan kepada pengusaha mikro seperti peternak, petani, pedagang, penjahit dan pengusaha mikro lainya. Dengan adanya pembiayaan qardhul hasan ini diharapkan nasabah dapat menjalakan usahanya secara terusmenerus agar dapat menigkatkan kesejahteraan. dana yang telah disalurkan tersebut tentu memberi dampak terhadap pendapatan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan kuesioner dengan metode pendekatan kuantitatif. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 85 responden dengan menggnakan uji Wilcoxon Sign Runk Test sebagai alat analisis dibantu dengan menggunakan spss 20.0 Hasil penelitian di dapat bahwa dari 85 pengusaha mikro yang dijadikan sampel penelitian, 1 orang pengusaha mengalami penurunan pendapatan, 72 orang mengalami kenaikan pendapatan dan 12 orang tidak mengalami kenaikan ataupun penuruna pendapatan.penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 artinya pembiayaan qardhul hasan berdampak signifikan terhadap pendapatan usaha mikro nasabah Bank Wakaf Mikro PPM Al-Kautsar Kec. Harau Kab. Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembiayaan qardhul hasan Dan Pendapatan Usaha Mikro
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas eknomi dan Bisnis > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Bustanul Syukri Pustakawan
Date Deposited: 23 Jul 2022 08:12
Last Modified: 23 Jul 2022 08:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10318

Actions (login required)

View Item View Item