Implementasi Dan Dampak Program Keluarga Harapan Untuk Kesejahteraan Kelompok Penerima Manfaat Di Nagari Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

LISA ANGGRAINI, LISA (2022) Implementasi Dan Dampak Program Keluarga Harapan Untuk Kesejahteraan Kelompok Penerima Manfaat Di Nagari Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (SKRIPSI)
LISA ANGGRAINI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini menyajikan penelitian empiris tentang bagaimana implementasi dan dampak Program Keluarga Harapan (PKH) untuk kesejahteraan Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Nagari Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Tingkat kesejahteraan masyarakat di Nagari Koto Baru masih sangat rendah. Keterbatasan jumlah pnghasilan yang diperoleh menyebabkan sulitnya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak, rendahnya tingkat penghasilan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) menyebabkan sulitnya untuk memenuhi kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial untuk tingkat minimal sekalipun. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi dan dampak Program Keluarga Harapan (PKH) untuk kesejahteraan Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Nagari Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun tujuan dipilihnya jenis penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan (to describe and explore) serta menggambarkan dan menjelaskan (to describe and explain) bagaimana implementasi dan dampak Program Keluarga Harapan (PKH) untuk kesejahteraan Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tahaptahap Program Keluarga Harapan (PKH) terdiri dari 3 tahap, Pertama yaitu tahap persiapan, Kedua yaitu tahap pengumpulan data dan informasi, Ketiga yaitu tahap pelaksanaan yang terdiri dari tahap validasi, tahap pertemuan kelompok, tahap pemutakhiran data PKH, tahap verifikasi komitmen, tahap evaluasi, dan tahap terminasi. Sedangkan implementasi PKH untuk kesejahteraan KPM menimbulkan dampak positif terhadap kesejahteraan KPM di Nagari Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, dimana dengan adanya bantuan PKH dapat meningkatkan kesejahteraan KPM baik dari segi pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial yang dibuktikan dengan adanya perubahan perilaku dan kesadaran pada KPM akan pentingnya pendidikan pada anak dan kesehatan untuk ibu dan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi dan Dampak PKH, Kesejahteraan KPM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Bustanul Syukri Pustakawan
Date Deposited: 23 Jul 2022 07:17
Last Modified: 23 Jul 2022 07:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item View Item