Dampak gadai sawah terhadap pendapatan penerima gadai (murtahin) di nagari koto anau kecamatan lembang jaya kabupaten solok

ISRATUZ ZUHAIRAH TAFDILA, ISRATUZ (2022) Dampak gadai sawah terhadap pendapatan penerima gadai (murtahin) di nagari koto anau kecamatan lembang jaya kabupaten solok. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (Skripsi)
Isratuz Zuhairah Tafdila.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Salah satu transaksi yang termasuk kedalam kategori utang-piutang adalah gadai. Masyarakat di Nagari Koto Anau menggunakan sistem gadai sawah dimana murtahin menggarap sendiri sawah yang digadaikan kepadanya, sehingga hasil panen seluruhnya menjadi milik murtahin. Selama sawah berada ditangan murtahin, maka baik hak penggarapan dan penanaman berada dibawah wewenangnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak pelaksanaan gadai sawah terhadap pendapatan murtahin di Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dampak pelaksanaan gadai sawah terhadap pendapatan murtahin di Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat penerima gadai (murtahin) di nagari koto anau kecamatan lembang jaya kabupaten solok. Teknik pengmbilan sampel ini menggunakkan kuesioner dan wawancara yg disebar kepada 43 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan Uji Kruskal Wallis Test. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa variabel gadai berpengatuh tidak signifikan terhadap pendapatan penerima gadai dengan nilai signifikansi sebesar 0,967 yang berarti besar dari 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gadai Sawah, Pendapatan Penerima Gadai.
Divisions: Fakultas eknomi dan Bisnis > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Bustanul Syukri Pustakawan
Date Deposited: 23 Jul 2022 01:44
Last Modified: 23 Jul 2022 01:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item