Pengaruh Luas Lahan dan Modal Terhadap Pendapatan Petani Serai Wangi di Pangian Nagari Muaro Sei Lolo Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman

INOS TAPIA, INOS (2022) Pengaruh Luas Lahan dan Modal Terhadap Pendapatan Petani Serai Wangi di Pangian Nagari Muaro Sei Lolo Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (Skripsi)
37. INOS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Serai Wangi merupakan mata pencarian masyarakat Di Pangian Nagari Muaro Sei Lolo Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman. Dimana kebanyakan masyarakatnya bekerja sebagai petani serai wangi, baik sebagai buruh, pemilik kebun, atau penyewa serta pemilik perkebunan serai wangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh luas lahan dan modal terhadap pendapatan petani serai wangi. Penelitian ini bersifat asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, karena teknik pengumpulan datanya diperoleh dari kuesioner dan wawancara atau sumber data primer. Data sekunder diperoleh dari arsip kejorongan atau instansi terkait. Data primer diperoleh dari responden sebanyak 85 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan dibantu menggunakan perangkat SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) luas lahan memiliki pengaruh positif terhadap pendapatan dengan nilai signifikan luas lahan sebesar 0,002< dari 0,05. (2) modal memiliki pengaruh positif terhadap pendapatan dengan nilai signifikan sebesar 0,000< dari 0,05. (3) luas lahan dan modal secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan petani atau dengan kata lain hipotesis diterima dengan nilai F hitung sebesar 39,438 dengan tingkat signifikansi 0,000. (4) luas lahan berpengaruh positif terhadap pendapatan petani atau dengan kata lain hipotesis diterima dengan nilai t hitung sebesar 1.315<1,663 dengan nilai signifikansi 0,002<0,05. (5) modal berpengaruh positif terhadap pendapatan atau dengan kata lain hipotesis diterima dengan nilai t hitung 1,315< 1,663 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Pengujian asumsi klasik normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinieritas tidak ada masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Luas Lahan, Modal, Pendapatan Petani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Bustanul Syukri Pustakawan
Date Deposited: 23 Jul 2022 06:48
Last Modified: 23 Jul 2022 06:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item