KONTRIBUSI EKONOMI PRODUKTIF WANITA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA(Study Pada Wanita Di Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas)

HAILUL ASMI, HAILUL (2022) KONTRIBUSI EKONOMI PRODUKTIF WANITA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA(Study Pada Wanita Di Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (Skripsi)
34. Hailul Asmi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Fenomena wanita bekerja sebenarnya sudah tidak asing lagi didengar dan perhatikan didalam masyarakat saat ini. Secara normatif pria aktif dalam kegiatan mencari nafkah, wanita adalah pekerja rumah tangga. Namun fakta di lapangan, ternyata wanita disamping melakukan pekerjaan rumah tangga juga aktif dalam mencari nafkah, wanita tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga yang berperan pada sektor domestik, tetapi juga berperan disektor publik, seperti turut bekerja membantu suami, untuk menambah pengahsilan untuk menopang ekonomi keluarga, Hal ini juga terlihat di Kampung Padang Utara Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas, para istri nelayan tidak hanya berperan disektor demostik yang bertugas megurus rumah tangga saja tapi juga ikut berperan di sektor publik atau dalam kegiatan proudtif yang bekerja diluar rumah untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga, kurang nya pendapatan keluarga memicu bagi para istri nelayan yang dikampung Padang Utara untuk turut mendampingi suami mencari nafkah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar rata-rata kontribusi istri nelayan terhadap pendapatan keluarga dan untuk mengetahui seberapa besar rata-rata waktu yang digunakan istri nelayan untuk aktivitas produktif, aktivitas domestik, dan aktivitas sosial. Penelitian ini dilkakukan di Kampung Padang Utara Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode study kasus dengan analis wanita nelayan. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpul dengan menggunakan kuisoner dengan sampel sebanyak 80 orang responden. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa istri nelayan memberikan kontribusi cukup besar terhadap keluarga nelayan yaitu sebesar 42,31% . Rata-rata waktu kerja tertinggi digunakan istri nelayan pada kegiatan produktif yaitu sebesar 9 jam per hari atau 39,47%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontribusi, pendapatan, wanita nelayan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Bustanul Syukri Pustakawan
Date Deposited: 23 Jul 2022 06:50
Last Modified: 23 Jul 2022 06:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10299

Actions (login required)

View Item View Item