STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 KOTO XI TARUSAN

Zelfi Yulianita, Zelfi (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 KOTO XI TARUSAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Alquran Peserta Didik SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan” yang disusun oleh Zelfi Yulianita, NIM. 1414010307. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa tidak bisa membaca Alquran dan banyak juga siswa yang tidak paham akan pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena kurang variatifnya strategi guru dalam proses pembelajaran membaca Alquran. Oleh karena itu dengan adanya strategi guru yang lebih variatif dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler siswa jadi termotivasi membaca Alquran dan paham akan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dilihat dari latar belakang, fokus dari skripsi penelitian ini ialah faktorfaktor yang menyebabkan kesulitan membaca Alquran peserta didik pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan dan Strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran peserta didik dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler kelas VII di SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan informan penelitian wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PAI,dan peserta didik menggunakan teknik snowball sampling, berlokasi di SMP Negeri 3 KotoXI Tarusan, kemudian diolah dan dianalisis dengan menempuh langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca Alquran peserta didik pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan adalah melihat dari 14 faktor internal berdasarkan teori Oemar Hamalik, hanya ada 8 faktor internal yang ditemukan diantaranya; daya ingat rendah, terganggunya alat-alat indra, jenis kelamin, kebiasaan belajar, minat, emosi, dan motivasi, dan rasa percaya diri, kemudian dari 5 faktor eksternal, hanya ada 4 faktor eksternal yang penulis temukan, diantaranya; faktor keluarga, keadaan ekonomi, faktor sekolah, dan lingkungan sosial yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam membaca Alquran, sehingga dalam proses pembelajaran, peserta didik lebih banyak diam atau bermain dengan temannya, kemudian strategi yang digunakan guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran peserta didik, dalam kegiatan Intrakurikuler ialah strategi penyampaian penemuan atau strategi pembelajaran langsung dan strategi pembuatan catatan laporan salat dan membaca Alquran di rumah, selanjutnya strategi yang digunakan guru PAI dalam kegiatan ekstrakurikuler kelas VII di SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan adalah Taman Pendidikan Alquran (TPA), Kuliah Tujuh Menit (Kultum), perlombaan dibidang keagamaan dan mewajibkan peserta didik untuk tetap mengaji di TPQ/TPSQ yang berada di lingkungan rumahnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:22
Last Modified: 19 Jul 2022 03:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10294

Actions (login required)

View Item View Item