UPAYA GURU MENDIDIK PESERTA DIDIK MENGHINDARI PERILAKU GIBAH DAN NAMIMAH

Yuliani, Yuliani (2019) UPAYA GURU MENDIDIK PESERTA DIDIK MENGHINDARI PERILAKU GIBAH DAN NAMIMAH. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coover dkk.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text
daftar pustaka skripsi.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yuliani NIM: 1414010379, Upaya Guru Mendidik Peserta Didik Menghindari Perilaku Gibah dan Namimah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang, 2018. 87 halaman. Latar belakang masalah penelitian ini adalah gibah dan namimah merupakan perbuatan yang jelas larangannya dalam agama Islam karena termasuk dosa besar dan dapat menimbulkan pertikaian tetapi masih banyak ummat Islam yang masih melakukan gibah dan namimah baik disadari maupun tidak disadari tidak terkecuali seorang peserta didik, dimana di dalam proses pembelajaran pendidik sudah mengajarkan materi tidak bolehnya gibah dan namimah, tapi masih banyak ditemukan peserta didik yang melakukan gibah dan namimah Karena hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku gibah dan namimah dikalangan peserta didik? Batasan masalahnya adalah faktor yang melatar belakangi munculnya gibah dan namimah dikalangan peserta didik, media yang digunakan dalam melakukan gibah dan namimah, akibat yang dimunculkan dari perilaku gibah dan namimah, upaya yang dilakukan guru mendidik peserta didik menghindari perilaku gibah dan namimah. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang melatar belakangi munculnya gibah dan namimah dikalangan peserta didik, media apa saja yang digunakan peserta didik untuk melakukan gibah dan namimah, akibat yang dimunculkan dari perilaku gibah dan namimah dikalangan peserta didik, upaya apa saja yang dilakukan guru untuk mendidik peserta didik menghindari perilaku gibah dan namimah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), menggunakan metode deduktif, induktif, komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan den gan cara melakukan identifikasi wacana dari buku-buku sumber, yang terdapat diperpustakaan. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data skunder. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) faktor yang melatar belakangi munculnya gibah dan namimah dikalangan peserta didik yaitu: untuk menghilangkan rasa marah, mendukung teman berbasa basi, membersihkan diri dari penilaian orang lain setelah melakukan perbuatan, sombong, dengki, candaan. (2) media sosial adalah media yang paling empuk digunakan peserta didik untuk melakukan gibah dan namimah seperti, Facebook, whatsApp, line, instagram, uc brower dan lain sebagainya, (3) akibat dari perilaku gibah dan namimah, akibat bagi orang lain: namanya tercemar dihadapan orang lain, hilangnya kebajikan, terzhalimi, mencegah ukhwah islamiyah. akibat bagi pelaku gibah dan namimah: mendapat azab Allah, orang-orang akan lari dan menjauhinya, tidak akan masuk jannah. (4) upaya guru mendidik peserta didik untuk menghindari perilaku gibah dan namimah ada 6 yaitu: belajar dan membaca, intropeksi diri/memperhitungkan untung ruginya, mengolah ilmu dan amal, metode keteladanan guru, metode nasihat, menanamkan konsep persaudaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:13
Last Modified: 19 Jul 2022 03:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item