PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA DI PAUD DURIAN AJUNG KAB. PADANG PARIAMAN

Windri Mayuni, Windri (2019) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA DI PAUD DURIAN AJUNG KAB. PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover dan Kawan-kawan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I yuni pdf.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB III yuni.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text
BAB IV yuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V yuniiii.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text
DAFRAR PUSTAKA BARU.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini melalui Metode Cerita di PAUD Durian Ajung Kab. Padang Pariaman, disusun oleh Windri Mayuni, NIM. 1414010009. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik pada usia dini masih sangat terbatas kemampuannya seperti belum mengetahui secara mendalam bagaimana cara menghargai sesama temanya di sekolah dan masih terbatas kelakuan atau akhlaknya. Pada saat proses pembelajaran di kelas adanya peserta didik yang mengganggu temannya yang sedang belajar, peserta didik yang mengambil mainan temannya tanpa mengembalikannya, peserta didik yang mengganggu temannya yang sedang melaksanakan praktek sholat dhuha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan rancangan Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada anak Usia Dini, menjelaskan penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini dan menjelaskan implikasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini di PAUD Durian Ajung Kab. Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu memaparkan apa yang terjadi di lapangan, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: a) Rancangan penerapan nilainilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini melalui metode cerita di PAUD Durian Ajung Kab. Padang Pariaman menunjukkan bahwa Pembentukan akidah, ibadah, dan akhlak dengan penggunaan metode bercerita juga diperkaya dengan pembiasaan yang baik melalui kegiatan rutin harian, keteladanan dari para guru, dan melalui pendisiplinan. b) Penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini melalui metode cerita di PAUD Durian Ajung Kab. Padang Pariaman bahwa, guru membacakan secara langsung buku cerita kepada peserta didik, kemudian guru juga mengilustrasikan yang diceritakan kepada peserta agar peserta didik paham terhadap materi yang dijelaskan guru menerapkan nilai-nilai akidah, ibadah, dan akhlak kepada peserta didik. Guru membimbing peserta didik agar memiliki perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. c) Hasil penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini melalui metode cerita di PAUD Durian Ajung Kab. Padang Pariaman bahwa peserta didik telah menerapkan membaca doa yang telah diajarkan oleh guru, peserta didik telah menerapkan akhlak yang baik ketika memasuki ruang kelas peserta didik membaca salam, sehingga telah menjadi kebiasaan yang harus ia lakukan setiap harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:59
Last Modified: 21 Jul 2022 07:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item