PERAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 PAYAKUMBUH

Widya Saputri, Widya (2019) PERAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 PAYAKUMBUH. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover dan Kawan-kawan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR KEPUSTAKAANNEW.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text
gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peran Media Gambar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Payakumbuh” yang disusun oleh Widya Saputri, NIM. 1414010353. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang belum termotivasi untuk belajar Pendidikan Agama Islam dan ada juga siswa yang belum paham akan pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena belum adanya media gambar. Oleh karena itu dengan adanya media gambar siswa jadi termotivasi dan paham akan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga media gambar ini sangat membantu siswa untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penggunaan media gambar pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan minat peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, dengan demikian penggunaan media gambar dalam pembelajaran tersebut bisa menimbulkan ide serta pemahaman peserta didik terhadap hal-hal yang terjadi dalam gambar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dilihat dari latar belakang, fokus dari skripsi penelitian ini ialah peran media gambar dalam meningkatkan motivasi pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di SMP N 9 Payakumbuh dan peran media gambar dalam meningkatkan pemahaman materi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP N 9 Payakumbuh. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif, metode analisis, wawancara, kemudian diolah dan dianalisis dengan menempuh langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan media gambar dalam meningkatkan pemahaman materi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di SMP N 9 Payakumbuh adalah penulis melihat guru menggunakan media gambar yang sesuai sehingga materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam mudah dipahami siswa. Dan peran media gambar dalam meningkatkan motivasi pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di SMP N 9 Payakumbuh adalah guru menentukan materi yang sesuai dan menarik, sehingga siswa termotivasi untuk belajar pendidikan agama Islam. Dari hasil penelitian ini berikut ini adalah beberapa saran yang mudahmudahan bisa membangun yang dapat di berikan;Hendaklah Kepala Sekolah memberikan guru pelatihan pembuatan media, melengkapi peralatan media, Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hendaknya melibatkan siswa dalam membuat media supaya timbul motivasi siswa.TR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:17
Last Modified: 18 Jul 2022 04:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10286

Actions (login required)

View Item View Item