PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMP ISLAM TERPADU INSAN CENDEKIA BOARDING SCHOOL PAYAKUMBUH

Sophie Nanda Audina, Sophie (2019) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMP ISLAM TERPADU INSAN CENDEKIA BOARDING SCHOOL PAYAKUMBUH. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pendidikan Karakter Melalui Sistem Boarding School di SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh” yang disusun oleh Sophie Nanda Audina, 1514010058, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Pendidikan karakter merupakan hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena tanpa karakter seseorang akan mudah melakukan sesuatu apapun yang dapat menyakiti dan menyengsarakan orang lain. Sekolah sebagai bagian dari lingkungan memiliki peran yang sangat penting, maka sekolah harus melakukan upaya untuk membentuk karakter peserta didik. Salah satu upaya pendidikan karakter saat ini banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah dengan menciptakan sistem boarding school. SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh telah melaksanakan pendidikan karakter yang sudah terakreditasi A, dengan pertanyaannya adalah seperti apa perencanaan pendidikan karakter melalui sistem boarding school, bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui sistem boarding school dan bagaimana evaluasi pendidikan karakter melalui sistem boarding school di SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang proses pendidikan karakter melalui sistem boarding school di SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh, terutama perencanaan pendidikan karakter melalui sistem boarding school, pelaksanaan pendidikan karakter melalui sistem boarding school dan evaluasi pendidikan karakter melalui sistem boarding school di SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan data sesuai apa adanya di lapangan. Sumber data primer adalah kepala sekolah dan pembina asrama, sedangkan sumber data sekundernya wakil kepala sekolah, guru dan siswa di SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Boarding School. Teknik dan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) perencanaan pendidikan karakter dilakukan dengan cara menetapkan visi dan misi sekolah, tujuan, program kegiatan, pengaturan jadwal kegiatan sekolah baik dalam bidang akademik, asrama maupun ektrakurikuler. 2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui sistem boarding school diintegrasikan dari kegiatan-kegiatan di asrama yang mengarah pada terwujudnya nilai-nilai karakter. 3) evaluasi pendidikan karakter melalui sistem boarding school dilakukan dalam bentuk tertulis seperti hasil rapor belajar peserta didik di sekolah dan di asrama, dan non tertulis seperti musyawarah dalam bentuk rapat seperti diskusi dalam memecahkan permasalahan ataupun dalam menetapkan program, mentoring hafalan, tutor bahasa, tahsin, dan juga monitoring seperti pengawasan terhadap kegiatan peserta didik baik di sekolah maupun di asrama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:15
Last Modified: 18 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10279

Actions (login required)

View Item View Item