IMPLEMENTASI FUNGSI KEPENGAWASAN DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADARASAH ALIYAH NEGERI 2 PADANG SIDEMPUAN

Saimarlina Harahap, Saimarlina (2019) IMPLEMENTASI FUNGSI KEPENGAWASAN DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADARASAH ALIYAH NEGERI 2 PADANG SIDEMPUAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2. cover,persetjpemb, abstrak.pdf - Published Version

Download (749kB)
[img] Text
3. Bab 1-5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
4. DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text
5 gabungan semunya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saimarlina Harahap, NIM. 088172833.“ Implementasi Fungsi Kepengawasan Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Sidempuan” Tesis: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Univrsitas Islam Negeri (UIN) imam Bonjol Padang, Tahun 1440 H / 2019 M. Persoalan mendasar yang menjadi kajian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor sebagai berikut: kurangnya guru menguasai materi pembelajaran, Selain itu perangkat mengajar pendidik tidak lengkap, kurang disiplinnya pendidik dalam mengajar, seperti kurang rapinya pakaian dalam proses pembelajaran. Kemudian ketika hujan proses pelaksanaan pembelajaran tidak dilaksanakan.dan pengawas sangat berperan penting dalam hal ini, Pengawas madrasah adalah faktor penting bagi keberhasilan lembaga pendidikan. Peranan pengawas madrasah berawal dari Pengawasan yang menggalakkan pertumbuhan profesionalitas guru, mengembangkan kepemimpinan demokratis, melepaskan energi, dan memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan aktivitas proses pembelajaran. Seorang pendidik dikatakan profesional bila memiliki kualitas mengajar yang tinggi, kompetensi profesional mengandung pengertian bahwa guru harus memiliki pengetahuan yang luas serta mendalam tentang bidang studi yang diajarkan, serta penugasan metodologis dalam arti memiliki pengetahuan konsep teoritis, mampu memilih metode yang tepat, serta mampu menggunakannya dalam proses belajar mengajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi kepengawasan dalam peningkatan profesionalitas guru pendidikan agama islam yang terkait dengan (1) Fungsi pengawas menyusun program pengawasan dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI dan kualitas pembelajaran PAI (2) Fungsi pengawas memberikan pembinaan, pembimbingan, dan pengembangan keprofesionalan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaraan PAI (3) Fungsi pengawas terhadap pemantauan penerapan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keprofesionalan Guru PAI (4) Fungsi pengawas terhadap penilaian hasil pelaksanaan program pengawasan dalam meningkatkan keprofesionalan Guru PAI (5) Fungsi pengawas terhadap pelaporan pelaksanaan tugas kepengawasan dalam meningkatkan keprofesionalan Guru PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan menggambarkan permasalahan sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari pengawas dan Guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Sidempuan yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian penelitian yang telah dilakukan menujukkan bahwa: (1) Fungsi pengawas menyusun program pengawasan telah dilakukan, dan perencanaan yang dilaksanakan dalam program sudah terkoordinasi dengan baik. (2) Fungsi pengawas memberikan pembinaan, pembimbingan, dan pengembangan keprofesionalan guru sudah terlaksana dengan baik dna dilakukan melalui MGMP dan pembinaan secara individual juga sudah terlaksana. (3) Fungsi pengawas terhadap pemantauan penerapan Standar Nasional PAI sudah efektif dilaksanakan terhadap 8 standar yaitu standar isi, standar proses, standar kelulusan, stadar penilaian standar tenaga kependidikan dan kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar sarana dan prasarana juga sudah dipantau sedemikian rupa. (4) Fungsi pengawas terhadap penilaian hasil pelaksanaan program pengawasan dalam peningkatan keprofesionalan Guru sudah terlaksana dengan baik. (5) Fungsi pengawas terhadap pelaporan pelaksanaan tugas kepengawasan dalam meningkatkan keprofesionalan Guru PAI sudah dilakukan setiap tahun dengan membuat laporan kepengawasan dan kemudian disampaikan Kasi PAKIS dan Kepala Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:32
Last Modified: 18 Jul 2022 02:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10275

Actions (login required)

View Item View Item