IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA BIDANG STUDI PAI DI SDN 11 AMPANG KOTA PADANG

Rita Purwanti, Rita (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA BIDANG STUDI PAI DI SDN 11 AMPANG KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover dkk.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text
BAB II rita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text
Skripis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Bidang Studi PAI di SDN II Ampang Kota Padang” yang disusun oleh Rita Purwanti, NIM. 1414010380 pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah pendidik bidang studi PAI sudah mengimplementasikan model pembelajaran STAD di kelas V dengan harapan mampu memotivasi peserta didik untuk aktif mengikuti proses pembelajaran. Namun, beberapa peserta didik kurang antusias dan kurang serius dalam proses pembelajaran. Hal ini tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pendidik dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan “Bagaimanakah implementasi model pembelajaraan kooperatif tipe STAD pada bidang studi PAI di SDN II Ampang Kota Padang? Batasan masalah dalam penelitian ini adalah:(1) Perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui gambaran yang jelas tentang perencanaan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.(2) untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan Penelitian Lapangan (Field Research) dan metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pertama, Tahap perencanaan sudah dirancang oleh pendidik dan telah diterapkan dalam proses pembelajaran. RPP yang dirancang sudah mencakup komponen-komponen penting yang harus ada dalam RPP, namun bahan ajarnya tidak dilampirkan dalam RPP. Kedua, tahap pelaksanaan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilakukan oleh pendidik sudah cukup baik, di antaranya: (1) kegiatan awal adanya penyampaian tujuan dan pembagian kelompok, namun peserta didik kurang serius dalam pelaksanaannya, (2) kegiatan inti memberikan materi pembelajaran yang cukup baik, adanya kegiatan dalam tim, adanya kuis dan pemberian penghargaan, (3) kegiatan penutup dengan menyimpulkan materi pelajaran dan memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik untuk melihat sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang sudah disampaikan oleh pendidik. Namun, dalam kegiatan pelaksanaan kurang didukung oleh media pembelajaran. Ketiga, Faktor pendukung: Pendidik, Peserta didik, dorongan kepala sekolah sarana dan prasarana. Faktor Penghambat: Pendidik dan Peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:17
Last Modified: 18 Jul 2022 02:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10274

Actions (login required)

View Item View Item