Pengaruh Penggunaan Keramba Jaring Apung (KJA) Terhadap Ekonomi Lingkungan Danau Singkarak Menggunakan Analisis Kesediaan Membayar WTP (Willingness To Pay) Studi Kasus Kecamatan X Koto Singkarak

Firsty Putri Elafriza, Firsty Putri (2022) Pengaruh Penggunaan Keramba Jaring Apung (KJA) Terhadap Ekonomi Lingkungan Danau Singkarak Menggunakan Analisis Kesediaan Membayar WTP (Willingness To Pay) Studi Kasus Kecamatan X Koto Singkarak. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (SKRIPSI)
39. FIRSTY PUTRI ELAFRIZA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dengan adanya budidaya ikan menggunakan keramba jaring apung (KJA) memberikan dampak yang posistif terhadap nelayan Danau Singkarak yaitu dengan meningkatnya pendapatan nelayan dari tahun ke tahun. Akan tetapi disamping itu para nelayan kurang memperhatikan dampak negatif dari kegiatan ekonomi yang mereka lakukan yaitu jika penggunaan keramba jaring apung (KJA) dilakukan secara terus menerus tanpa adanya tindakan untuk mengurangi pencemaran akan mengakibatkan rusaknya lingkungan Danau Singkarak. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu nelayan Danau Singkarak yang menggunakan Keramba Jaring Apung (KJA) yang berada di Kec. X Koto Singkarak , dan data sekunder yaitu seperti dokumentasi dan Kecamatan X Koto Singkarak dalam angka. Teknik pengumpulan data dengan cara pembagian kuesinoer, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis adalah menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian penulis menunjukan bahwa variable pendapatan dan lama usaha berpengaruh dan signifikan terhadap variable Willingness to Pay (WTP). Dan variable tingkat pendidikan dan jumlah anggota keluarga tidak berpengaruh terhadap Willingness to Pay (WTP). Rata-rata WTP sebesar Rp. 36.667. artinya nilai maksimal atau harga tambahan yang bersedia responden bayarkan atas kerusakan yang terjadi di Danau Singkarak akibat dari tindakan ekonomi yang mereka lakukan yaitu sebesar Rp. 36.667.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: WTP, Tingkat Pendidikan, Tingkat Pendapatan, Lama Usaha,
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 17 Jul 2022 23:43
Last Modified: 17 Jul 2022 23:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item View Item