Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan terhadap Islamic Human Development Index (I-HDI) di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017-2020

CHAIRANI, CHAIRANI (2022) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan terhadap Islamic Human Development Index (I-HDI) di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017-2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (SKRIPSI)
19. Chairani.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan ekonomi suatu Negara dapat dilihat dari perkembangan pembangunan manusia. Indeks pembangunan manusia (HDI) merupakan indicator pengukur untuk melihat perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standard hidup. HDI tidak sepenuhnya cukup dan kompetibel untuk mengukur pembangunan manusia di Negara muslim kerena tidak berdasarkan syariah islam. Maka dari itu dibentuklah pembangunan manusia islam yang sesuai dengan perspektif islam yaitu Islamic Human Development Index (I-HDI) berdasarkan pada konsep maqashid syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan terhadap Islamic Human Development Index (I-HDI) di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaf dengan regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi Eviews 10 sebagai alat penganalisis. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Dinas Kesehatan Sumatera Barat tahun 2017-2020 berbentuk data panel. Model regresi yang digunakan adalah Common Effect Model dengan pembobotan metode Panel Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variable pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap Islamic Human Development Index (I-HDI) dengan nilai signifikan 0,0265 yang kecil dari tingkat signifikansi 5%. Variabel kemiskinan tidak berpengaruh terhadap Islamic Human Development Index (I-HDI) dengan nilai signifikan 0,3997 yang lebih besar dari tingkat signifikansi 5%. Secara simultan pertumbuhan ekonomidan kemiskinan berpengaruh terhadap Islamic Human Development Index (I-HDI) di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PertumbuhanEkonomi, Kemiskinan, Islamic Human
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 16 Jul 2022 02:28
Last Modified: 16 Jul 2022 02:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item View Item