Pengaruh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Hasil Aset, Pajak dan Retribusi terhadap Pendapatan Asli Nagari di Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota (Tahun 2018-2019)

APRILIA NANDA, APRILIA (2022) Pengaruh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Hasil Aset, Pajak dan Retribusi terhadap Pendapatan Asli Nagari di Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota (Tahun 2018-2019). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (SKRIPS)
12. APRILIA NANDA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Lahirnya BUMNag merupakan sebagai suatu ancangan untuk peningkatan pendapatan bagi perekonomian di suatu nagari, BUMNag seluruhnya dilakukan oleh masyarakat nagari dan pemerintah nagari, yakni dari nagari, oleh nagari dan untuk nagari. Begitu juga dengan pengelolaan Aset yang dimanfaatkan secara optimal dapat menghasilkan kas yang bisa menambah pendapatan asli desa. pajak nagari yang memiliki kontribusi yang sangat penting dalam membiayai pemerintah desa dan pembangunan nagari karena pajak daerah bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan penerimaan Pendapatan Asli nagari dan juga mendorong laju pertumbuhan ekonomi nagari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendapatan BUMNag, Aset Nagari, pajak dan restribusi terhadap pendapatan asli nagari. Penelitian ini dikategorikam sebagai penelitian kuantitatif, yang mengakaji pendapatan asli nagari. Penelitian ini menggunakan data panel atau disebut regresi model data panel menggunakan peranggkat stata versi 13. Hasil penelitian menggunakan model analisis random effect ini menunjukkan bahwa BUMNAG berpengaruh positif dengan signifikansi 0,018 dengan nilai coefisien 182.167 Artinya BUMNag berpengaruh signifikan Terhadap pendapatan asli nagari . Hal ini di sebakan jika pengelola bumnag mampu mengelola bumnag dengan profesional maka akan meningkatkan hasil aset yang akan menyebabkan pendapatan asli nagari meningkat. Hasil penelitian menggunakan model analisis random effect ini menunjukkan bahwa Hasil Aset berpengaruh positif dengan signifikansi 0,000 dengan nilai coefisien 17.01522 Artinya Hasil Aset berpengaruh signifikan Terhadap pendapatan asli nagari. apabila setiap nagari melakukan pengeloaan aset nagari yang lebih baik maka dapat akan meningkatkan pendapatan asli nagari. Begitu juga dengan pemerintah nagari agar berupaya dalam mengoptimalkan pengelolaan aset dengan cara memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Hasil penelitian menggunakan model analisis random effect ini menunjukkan bahwa hasil retribusi pajak berpengaruh negatif dan tidak signifikansi 0,862 dengan nilai coefisien 1.219704 Artinya retribusi pajak tidak meningkatkan pendapatan asli nagari. hal ini di sebabkan karena masyarakat kurang kesadaran dalam membayarkan pajak. Dan juga pengelolan retribusi daerah yang belum baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bumnag, Hasil Aset, Pajak dan Retribusi, Pendapatan Asli Nagari
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas eknomi dan Bisnis > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 15 Jul 2022 14:04
Last Modified: 15 Jul 2022 14:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item