PAnalisis Dampak Relokasi Pasar Terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Semi Modern Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang (Studi Kasus : Pasar Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan)

UNSPECIFIED PAnalisis Dampak Relokasi Pasar Terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Semi Modern Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang (Studi Kasus : Pasar Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text (SKRIPSI)
Abdul Rahim_1613060091_Fulltext - abdul rahim.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pendirian sebuah usaha akan selalu berdampak bagi ekonomi. Dampak ekonomi tersebut dapat dilihat dari besarnya akibat peralihan lokasi usaha. Relokasi pasar adalah perpindahan atau pemindahan lokasi tempat berdagang dari satu tempat ketempat lain dengan alasan tertentu. Salah satu pasar yang direlokasi adalah Pasar Koto Berapak, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Relokasi Pasar Koto Berapak disebabkan jumlah pedagang yang bertambah dan lokasi pasar tidak bisa diperluas sehingga menyebabkan banyaknya pedagang yang berjualan di bahu jalan dan menimbulkan kemacetan di jalan area depan pasar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana Dampak Relokasi Pasar terhadap pendapatan pedagang di pasar Koto Berapak, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan tujuan mengadakan perbandingan pendapatan pedagang sebelum dan sesudah relokasi pasar. Hasil penelitian ini dilihat dari dampak ekonomi yaitu pendapatan pedagang. Dalam penelitian ini dampak dari relokasi pasar mengakibatkan pendapatan pedagang yang menurun disebabkan lokasi pasar yang tidak strategis, lokasi pasar jauh dari jalan utama dan pasar berada di tempat yang jauh dari keramaian. Beberapa penyebab menurunnya pendapatan tersebut membuat para pedagang kesulitan dalam jual beli dan kesulitan dalam mengembangkan usaha. Pedagang yang menolak relokasi pasar mereka membuat pasar baru yang tidak jauh dari pasar Koto Berapak yang telah direlokasi sehingga hanya sedikit konsumen yang berkunjung ke pasar Koto Berapak. Kata Kunci: Relokasi, Pasar, dan Pendapatan

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:42
Last Modified: 13 Jul 2022 01:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10232

Actions (login required)

View Item View Item