IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 31 PADANG

Rahima Zakiyah, RZ (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 31 PADANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover, Persetujuan, Abstrak.pdf - Published Version

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img] Text (File gabungan)
File Gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 31 Padang, di tulis oleh Rahima Zakiyah, NIM. 1514010001, Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena peserta didik yang belum mampu menghubungkan materi dengan fakta di lingkungan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 31 Padang. Tujuan penelitian ini adalah 1) Perencanaan model pembelajaran CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 31 Padang, 2) Proses pelaksanaan model pembelajaran CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 31 Padang, 3) Evaluasi pelaksanaan model pembelajaran CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 31 Padang. Metode Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif yaitu dengan menggambarkan objek penelitin apa adanya yang terjadi atau ditemukan di lapangan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yakni Guru PAI dan Peserta Didik, sumber data sekunder yakni adalah Kepala Sekolah. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi serta di olah dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu, pertama; Perencanaan model pembelajaran CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 31 Padang, Pendidik telah menyiapkan pembelajaran sebelum melakukan proses belajar mengajar dalam bentuk tertulis yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kurikulum, silabus, dan bahan ajar . Mulai dari merumuskan tujuan sampai dengan pemilihan alat, media dan sumber belajar dihubungkan dengan karakteristiknya yaitu melakukan hubungan yang bermakna, melakukan kegiatan yang signifikan, bekerja sama, berfikir kritis dan kreatif, mengasuh atau memelihara pribadi peserta didik, mencapai standar yang tinggi, dan menggunakan penilaian autentik. Kedua; Proses pelaksanaan model pembelajaran CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 31 Padang, ditandai saat guru melaksanakan pembelajaran model CTL, guru melaksanakannya sesuai langkah-langkah dan karakteristik yang terdapat dalam pembelajaran PAI dengan model CTL, pelaksanaan pembelajaran ini sudah sesuai, tetapi masih ada kekurangan saat guru menerapkannya, guru masih perlu meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dari segi merumuskan tujuan, guru masih sering lupa dalam menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik kurang terarah dalam pembelajaran. Ketiga; Evaluasi pelaksanaan model pembelajaran CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 31 Padang, sesuai karakteristiknya melakukan refleksi, ini di lakukan sebagai umpan balik untuk proses perbaikan dan penyempurnaan pembelajaran termasuk di dalamnya penilaian berupa tes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2020 01:07
Last Modified: 23 Aug 2020 01:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item